PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSILANGAN MONOHIBRID DAN DIHIBRID
(DEVELOPMENT OF A LEARNING VIDEO TO INCREASE STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING MONOHYBRID AND DIHYBRID CROSSES)
Yusiana Fatika Sari, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Aida Aulia Rahma, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Navynda Fiza Al Zenyta, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, N. A., & Agustia, P. L. (2024). Penggunaan media vidio dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 183–190. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3095
Anggraini, Z. D., Damayanti, S., & Setiaji, B. (2024). Pengembangan media powerpoint interaktif dalam konteks pengenalan mekanika lagrange pada siswa sma menggunakan metode 4D. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 1–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.372
Hidayah, N., Pamungkas, S. J., & Alamsyah, M. R. N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Fungi Dalam Desain STAD Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Assalam Tempuran. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(2), 72–80. https://doi.org/10.24246/juses.v5i2p72-80
Hue, S. M., & Lee, S. W. H. (2024). Learning genetics through an innovative game: Geneblock. Journal of Biological Education, 1–11. https://doi.org/10.1080/00219266. 2024.2365671
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 17–26. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/ view/5682
Khasanah, I. N., & Perdana, R (2023). Pengembangan video pembelajaran dengan software capcut pada materi gelombang bunyi. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i2.60794
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. http://dx.doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Mawardi, G., Iriani, T., & Daryati, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah kompetensi pembelajaran pokok materi keterampilan dasar mengajar. J PenSil, 8(1), 24–30. http://dx.doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8485
Miranda, D., & Wibowo, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9, 77–89. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18146
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171–187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prihatiningtyas, A. S., & Triatmanto, T. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Uji Urin Indikasi Kelainan pada Sistem Ekskresi Kelas XI SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 15–21. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18560
Purba, B. P. W., Billah Afrianti, F. E. S., Nabilla, M., Adlini, M. N., & Rifda. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 90–97. http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19893
Rahmadani, L., Fadilah, M., Darussyamsu, R., Fitri, R., & Farma, S. A. (2022). Analisis penerapan flipped learning dalam pembelajaran. Journal on Teacher Education, 3(3), 381–387. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4984
Rasyid, M. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-ATLAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 128–135. http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19277
Salsabila, A. H., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan model 4D Dalam pengembangan video pembelajaran pada keterampilan mengelola kelas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 495–505. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.553
Saputra, D., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Utama, A. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis infografis dengan materi berwudhu untuk kelas II SD. J-INSTECH, 2(1), 100–105. https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9444
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, R. N., & Suratsih. (2018). Pengembangan Media Educational Game “Bio-Monopoli” Sebagai Media Pembelajaran Submateri Rangka Dan Tulang, Materi Sistem Gerak Untuk Siswa Sma/Ma Kelas Xi Ipa. Jurnal Edukasi Biologi, 7(2), 102–113. https://doi.org/10.21831/edubio.v7i2.13705
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Document Resume. Indiana University Press: Bloomington. https://eric.ed.gov/?id=ED090725
Wahyuni, J. S., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video melalui website rumah belajar pada materi teks eksplanasi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 5(1), 22–32. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1617
Wirartha, I. M.. (2006). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=12177
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i1.22944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |