EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
(THE EFFECTIVENESS OF STUDENT WORKSHEETS ON RESPIRATORY SYSTEM IN IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF 11th GRADE HIGH SCHOOL STUDENTS)
Rizka Rifaatul Hidayah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Indah Zaliani, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Aida Rahma Aulia, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Ade Suryanda, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Dini Safitri, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Fitria Pusparini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, B., & Mu'id, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. Daarus Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23
Astiwi, W., & Siswanto, D. H. (2024). Pengembangan e-LKPD pada materi relasi dan fungsi dengan model PAKEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 3(3), 118–132. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i03.684
Atiqoh, A. A., & Suhandoyo, S. (2022). PENYUSUNAN MODUL ELEKTRONIK PENYAKIT SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN BAGI SISWA KELAS XI. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 46–56. https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18174
BSNP. (2014). Instrumen penilaian buku teks pelajaran kimia untuk peserta didik SMA/MA. Jakarta: BSNP.
Cahyana, N., Rustiani, S., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature review: Lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis Geogebra. Journal of Education Research, 5(4), 4391–4399. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1574
Cahyani, D. N., & Pertiwi, K. R. (2024). DEVELOPMENT OF E-LKPD BASED ON PBL IN REPRODUCTIVE HORMONE MATERIAL TO INCREASE REPRODUCTIVE HEALTH LITERACY Danisa. Jurnal Edukasi Biologi, 10(2), 191–203. http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v10i2.21810
Day, S. P., Webster, C., & Killen, A. (2022). Exploring initial teacher education student teachers' beliefs about reflective practice using a modified reflective practice questionnaire. Reflective Practice, 23(4), 437–451. https://doi.org/10.1080/ 14623943.2022.2048260
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/JIPK/article/view/7460
Hulu, S. & Anas, N. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi Manusia Siswa Kelas XI SMA/MA. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 231-250. https://doi.org/10.58230/27454312.499
Imtinan, A. N. V., Diniyyah, M., Sudrajat, A. K., Susilo, H., & Balqis. (2023). Application of digital mindmap through the process-oriented guided inquiry learning (POGIL) model to improve high school students' collaboration skills and biology concepts understandings during the online learning period. AIP Conference Proceedings, 2614(1), 20018. https://doi.org/10.1063/5.0126995
Indriani, I. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep termodinamika (Kuasi eksperimen di SMA Negeri 105 Jakarta tahun ajaran 2019/2020) (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/ 52112
Irwansyah, M., & Perkasa, M. (2022). Scientific approach dalam pembelajaran abad 21. Pekalongan: Penerbit NEM.
Komarudin, U., Rustaman, N. Y., & Hasanah, L. (2017). Promoting students’ conceptual understanding using STEM-based e-book. AIP Conference Proceedings, 1848(November). https://doi.org/10.1063/1.4983976
Krisgiyanti, N. A., & Pratama, A. T. (2023). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Sistem Regulasi Dengan Orientasi Hasil Belajar Peserta Didik Sma N 1 Kroya. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 153–176. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19490
Manurung, H. P. O., & Anazifa, R. D. (2024). Development of Interactive E-LKPD Based on Guided Discovery Learning on Cell Material to Improve The Cognitive Understanding of Grade XI Students. Jurnal Edukasi Biologi, 10(2), 212–227. http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v10i2.22417
Mulyasari, E., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis guided inquiry pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan argumentasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 186–192. http://dx.doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p186-192
Nida, R., Salam, A., & Haryandi, S. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis multimodel pada materi alat-alat optik untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 107–122. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2871
Ramdhani, R. A., Rojabi, M. N., Mubarok, M. C., & Kholis, N. (2024). Eksplorasi implementasi laboratorium fisika berbasis inquiry di SMAN 1 Kejayan. Magneton: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 91–101. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i2.3450
Riduwan. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sany, Y. K., & Isfiaty, T. (2018). Peran warna dalam interior yang bertema futuristik (Studi kasus: Interior Maxxi Museum karya Zaha Hadid). Waca Cipta Ruang, 4(1), 275–281. https://doi.org/10.34010/wcr.v4i1.2041
Şentürk, Ş. (2019). Investigation of pre-service teachers' techno-pedagogical skills and lifelong learning tendencies. Participatory Educational Research, 6(2), 78–92. https://doi.org/10.17275/per.19.14.6.2
Sumilat, J. M., & Pangalo, L. C. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Journal on Education, 6(4), 21326-21333. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6282
Suwarno, R. N., & Suratsih. (2018). Pengembangan Media Educational Game “Bio-Monopoli” Sebagai Media Pembelajaran Submateri Rangka Dan Tulang, Materi Sistem Gerak Untuk Siswa Sma/Ma Kelas Xi Ipa. Jurnal Edukasi Biologi, 7(2), 102–113. https://doi.org/10.21831/edubio.v7i2.13705
Widya, W., Saptaningrum, E., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model Project-Based Learning berbantu lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Jurnal Guru Kita, 3(3), 261–270. https://doi.org/10.24114/jgk.v3i3.14599
Wulansari, S. D. W., Andini, D., Pramudiyanti, P., & Dewi, P. S. (2024). Efektifitas LKPD IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 81–88. https://doi.org/10.52217/lentera.v17i1.1437
Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar pada jenjang sekolah menengah kejuruan. Universitas, 5, 73. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/ 38660
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i1.22902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |