PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENVIRONBYTIKTOK DENGAN SOSIO-SCIENTIFIC ISSUES ALIH FUNGSI HUTAN IBU KOTA NUSANTARA UNTUK MENDUKUNG LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA
(THE DEVELOPMENT OF ENVIRONBYTIKTOK (LEARNING MEDIA ADDRESSING SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES ON THE LAND USE CONVERSION OF THE NUSANTARA CAPITAL CITY FORESTS TO ENHANCE HIGH SCHOOL STUDENTS ENVIRONMENTAL LITERACY)
Suhartini Suhartini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, M., Sunarto, A., Parhusip, D., & Khair, A. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Lingkungan Dalam Pembangunan Ibukota Nusantara. Jurnal Preferensi Hukum, 4(3), 396–400. https://doi.org/10.55637/jph.4.3.7552.396-400
Aini, N., Al Muhdhar, M. H. I., Rochman, F., Sumberartha, I. W., Wardhani, W., & Mardiyanti, L. (2021). Analisis Tingkat Literasi Lingkungan Siswa Pada Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 40. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p40-44
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1), 72–89. http://dx.doi.org/10.24952/paedagogik.v6i01.166
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/media-pembelajaran/
Arsyad, A. (2022). Media Pembelajaran: Pendekatan Praktis dalam Pengajaran. Jakarta: Rajawali Press. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=25734
Awad, A., Mallek, R. S., Ozturk, I., & Abdalla, Y. A. (2023). Infrastructure Development’s role in environmental degradation in sub-Saharan Africa: Impacts and transmission channels. Journal of Cleaner Production, 414, 137622. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.137622
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendididkan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Fase E-Fase F (p. 11).
Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Andi Setiawan, M. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a
Daniah, Hanim, N., & Sakirah, R. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Tiktok Pada Materi Bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.22373/jk.v1i1.23269
Fatmawati, Susilawati, & Haryati, S. (2019). Development Of Student Activity Sheet Based Problem Based Learning On The Subject Of Atomic Structure. JOM FKIP UNRI, 4(2), 2–14. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/16035
Fristikawati, Y., Alvander, R., & Wibowo, V. (2022). Pengaturan dan Penerapan Sustainable Development pada Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. Journal Komunikasi Yustisia, 5(2), 739–749. https://doi.org/10.23887/jatayu.v5i2.51859
Handayani, A., & Hastuti, P. W. (2018). Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Terhadap Environmental Literacy Siswa SMP. E-Journal Pendidikan IPA, 7(8), 419–422. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ipa/article/view/12940
Hollweg, K. S., Taylor, J. R., Bybee, R. W., Marcinkowski, T. J., & ... (2011). Developing a framework for assessing environmental literacy. Washington, DC: North American Association for Environmental Education. https://www.scirp.org/reference/ referencespapers?referenceid=2989570
Indonesia, P. P. (2009). Undang-undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta.
Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP LITERASI KESEHATAN SISWA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112–127. http://dx.doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19233
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Marianingsih, P., Firdausy, A., Nestiadi, A., Leksono, S. M., Biologi, J. P., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Ageng, U. S. (2021). Muatan Aspek Literasi Lingkungan Pada Buku Teks Biologi Kelas X SMA. Biodidaktika, 16(2), 50–64. https://dx.doi.org/ 10.30870/biodidaktika.v16i2.12866
Husamah, H, Sudrajat, A. K., Pamungkas, R., & Zufahmi, Z. (2025). Ilmu Lingkungan. Pekanbaru: CV Angkasa Media Literasi
Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, 60–69. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/ view/288
Munawaroh, A. M., & Indah, N. K. (2022). Development of Website-Based Learning Media to Increase Learning Motivation on The Structure and Function of Plant Tissues. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(3), 579–588. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Musliadi, & Daud, F. (2022). Pengembangan Media Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 13 Pangkep. UNM Journal of Biological Education, 5(2), 83–93. https://doi.org/10.35580/ujbe.v5i2.34184
Muthmainah, Nurmiyati, & Dwiastuti, S. (2016). The Effect of Module Based on Local Potential in Ecosystem Topic on the Understanding of Concepts and the Caring Attitudes Toward The Environment of The X Graders. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 293–298. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5726
Nugraheni, A., Muhammadiyah Magelang Dwi Kafiliani, U., Muhammadiyah Magelang Fita Tri Karnia, U., & Muhammadiyah Magelang Kun Hisnan Hajron, U. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.17966
Rahima, R., Kaspul, & Putra, P. A. (2020). Validitas Dan Keterbacaan Peserta Didik Kelas X Sma Terhadap Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip Html5 Konsep Protista. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 16(1), 570–580. www.journal.uniga.ac.id
Ramadhani, R., & Djuyandi, Y. (2022). Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Mengatasi Resiko Kerusakan Lingkungan Sebagai Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara. Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 1(3), 144–152. https://doi.org/10.24198/aliansi.v1i3.44008
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644
Sefty, R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di UPT SDN 24 Tumijajar Tulang Bawang Barat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/18824/
Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490
Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 92. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4382
Subiantoro, A. W., Handziko, R. C., & Wibowo, Y. (2021). A narrative inquiry of socio-scientific issues-based e-learning development in biology to promote student health literacy. Biosfer, 14(1), 132–143. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.20373
Subiantoro, A., & Ariyanti, N. (2013). Pembelajaran Materi Ekosistem Dengan Socio-Scientific Issues dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment Siswa. JPII, 2(1), 41–47. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii
Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=524
Sukarelawa, Moh. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs stacking: analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pre-test-post-test. Bantul: Suryacahya.
Susilawati, Y. (2022). Hubungan Self Regulated Learning Terhadap Kecerdasan Ekologis Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan (Studi Korelasi di Kelas X-MIPA SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Universitas Siliwangi.
Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Bioilmi, 5(1), 10–22. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3753
van Velzen, J. H. (2017). Measuring senior high school students’ self-induced self-reflective thinking. Journal of Educational Research, 110(5), 494–502. https://doi.org/ 10.1080/00220671.2015.1129596
Wahanisa, R., & Adiyatma, S. E. (2021). The Conception of Principle of Sustainability in Environmental Protection and Management Value of Pancasila. Bina Hukum Lingkungan, 6(1), 93–118. https://www.bhl-jurnal.or.id/index.php/bhl/article/view/208
Wang, J., & Azam, W. (2024). Natural resource scarcity, fossil fuel energy consumption, and total greenhouse gas emissions in top emitting countries. Geoscience Frontiers, 15(2), 101757. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.gsf.2023.101757
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i1.22558
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |