HUBUNGAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI KESEHATAN REPRODUKSI
(THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING EXPERIENCES IN HUMAN REPRODUCTION AND HIGH SCHOOL STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND REPRODUCTIVE HEALTH LITERACY)
Kartika Ratna Pertiwi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhodaib, H. (2022). E-health literacy of secondary school students in Saudi Arabia. Informatics in Medicine Unlocked, 30, 100922. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.imu.2022.100922
Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33−44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4
Aprisye, A., Sudirman, S., & Yani, A. (2019). Perilaku seksual remaja dalam mengakses media sosial (Pornografi Sex Chat) di SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1), 502−513. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.834
Arifah, I. N. F. (2022). Hubungan pengalaman belajar materi sistem reproduksi terhadap literasi dan sikap kesehatan reproduksi siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Bantul. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109
Atik, N. S., & Susilowati, E. (2021). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMK Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga, 5(2), 45−52. https://doi.org/10.36409/jika.v5i2.115
Azrai, E. P., Wulaningsih, R. D., & Sumiyati, U. K. (2020). Kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA di Jakarta Timur. Edusains, 12(1), 89−97. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13671
Diniyyah, M., Susilo, H., Balqis, B., & Sudrajat, A. K. (2022). Improving critical thinking and problem- solving skills through POGIL combined with digital mind map. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 8(3), 275–286. http://dx.doi.org/10.22219/jpbi.v8i3.18992
Haidar, G., & Apsari, N. C. (2020). Pornografi pada kalangan remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 136−143. http://dx.doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27452
Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). Pengaruh pembelajaran biologi berbasis socio scientific issues (SSI) terhadap literasi kesehatan siswa. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112−127. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19233
Lestari, I. I. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep sistem reproduksi tingkat SMA. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60568
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29−40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206−213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355
Meryastiti, V., Ridlo, Z. R., & Supeno, S. (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa SMP Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20−29. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/ view/29659
Nabilah, A., & Syamsurizal, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Biologi, 10(1), 42–48. https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20619
Permana, T. I., Suwono, H., & Listyorini, D. (2016). Analisis awal literasi kesehatan siswa SMA kelas XI MIA di Kabupaten Malang. In Proc. Seminar Nasional II, 2(1), 203−207.
Prihatini, W. (2023). Hubungan pengalaman belajar sistem respirasi manusia dengan literasi kesehatan dan prespektif bahaya merokok pada siswa kelas XI SMAN 1 Godean. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
Rachmaniar, R., Prihandini, P., & Janitra, P. A. (2018). Perilaku penggunaan smartphone dan akses pornografi di kalangan remaja perempuan. Jurnal Komunikasi Global, 7(1), 1−11. https://doi.org/10.24815/jkg.v7i1.10890
Rismorlita, C.E., Philiyanti, F., Prasetio, V. M., & Sari, L. P. (2021). Relevansi kebutuhan stake holder terhadap pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21. Kagami: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang, 12(2), 12−20. https://journal.unj.ac.id/unj/ index.php/kagami/article/view/23833/
Rosmaini, R. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 869−879. https://edukatif.org/edukatif/article/view/4767
Shafira, I. H., & Suratsih, S. (2023). Penggunaan E-LKPD Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18515
Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1)105−113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/ index.php/aciet/article/view/660
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i1.22115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |