PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Ummi Khuzaimah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Ayu Nency, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Kayla Fatimah Zulfah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Nanda Nur Aliza, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Manjillatul Urba, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Eka Putri Azrai, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Fitria Pusparini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Pendidikan biologi pada abad ke-21 memerlukan kemampuan berpikir kreatif siswa yang tinggi. Model pembelajaran PjBL (Project-Based Learning) telah diketahui efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap 15 artikel penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berpikir, mengamati, dan menganalisis. Dengan demikian, model pembelajaran PjBL dapat dijadikan alternatif efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada pembelajaran biologi.


Keywords


Model Pembelajaran PjBL, Pendidikan Biologi, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Adnan, A., Mulbar, U., Sugiarti, S., & Bahri, A. (2021). Scientific Literacy Skills of Students: Problem of Biology Teaching in Junior High School in South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Instruction, 14(3), 847–860. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14349

Amri, A., & Muhajir, H. (2022). KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SECARA DARING. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 6(1), 21. https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i1.4380

Anggrella, D. P., & Sudrajat, A. K. (2024). Development of an Integrated Project-Based Learning Module Based on Black Soybean Ethnoscience to Improve Students ’ Science Process Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3038–3045. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.5855

Anif, S. (2016, May). Pengembangan Kompetensi Guru Biologi Dalam Menunjang Peningkatan Profesionalitas Secara Berkelanjutan Berbasis Laboratorium. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 27-40).

Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42-46. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517

Ashriah, S., Muis, A., & Arsal, A. F. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Pjbl dan Model Konvensional Materi Pencemaran Lingkungan. Biology Teaching and Learning, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.35580/btl.v3i1.14339

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550

Buhungo, T. J. (2021). Pengaruh Google Classroom Berbasis Web dengan Implementasi Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA, 11(2), 40–46.

Cahyani, S., Ismail, I., & Hartati, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassa. Seminar Nasional Biologi, 667–673.

Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:(Pengertian dan Indikatornya). Eksponen, 9(2), 20-26. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.56

Desi, C. R., Hariyadi, S., & Wahono, B. (2023). Pengaruh Model PjBL Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. ScienceEdu, 6(2), 132-138.

Desi, C. R., Hariyadi, S., & Wahono, B. (2023). Pengaruh Model PjBL Berbasis STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. ScienceEdu, VI(2), 132–138.

Diyanah, M., & Firdausi, Y. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Matematika melalui Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 163– 172. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/vie w/26046

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS. Journal of Education, 10(1), 209–226. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4 SE-Articles), 2235–2240. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1711

Hartini, H., Narulita, E., & Iqbal, M. (2019). Pengembangan Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 1-16.

Illahi, P. C., Fitri, R., & Arsih, F. (2022). The Effect of Project Based Learning Model on Creative Thinking Ability in Biology Learning. Journal of Digital Learning and Education, 2(3), 171–177. https://doi.org/10.52562/jdle.v2i3.441

Inayah, Y., & Sya, M. F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 339-345.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi Universitas Negeri Malang, 7(1), 118842

Isabekov, A., & Sadyrova, G. (2018). Project-Based Learning to Develop Creative Abilities in Students, 43–49.

Kusumaningtyas, N., Sikumbang, D., Hasnunidah Pendidikan Biologi, N., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Lampung, U., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik, 8(2), 11–19. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i2.02

Laksmi, G. S., Probosari, R. M., Saputra, A., & Widowati, D. (2018). Pengaruh Project Based Learning disertai Know Want Learn Chart terhadap Keterampilan Berpikir Fluency, Flexibility, dan Originality Peserta Didik Biologi SMA Kelas X. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 130–136.

Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Mulyani, A. S. N. D., Syamsiah, S., & L. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Jeumpa, 10(1), 176–183. https://doi.org/10.33059/jj.v10i1.7410

Nabilah, A., & Syamsurizal, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Biologi, 10(1), 42–48. https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20619

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).

Nita, R. S., & Irwandi. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 231–238.

Orcito, J., Hidayat, T., & Hartati, M. S. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMA N 1 Lebong Utara. SIMBIOSA, 10(2), 75–83.

Pulungan, N. A., & Khairuna. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(2), 1–23.

Putri, E. F., Jamiah, Y., & T., A. Y. (2017). Strategi KnowWant-Learn Berstruktur Multirepresentasi untuk Mengaktifkan Pengetahuan Awal Dalam Materi Aljabar, 6(10), 1–9.

Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1). https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2789

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1),79-83.

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2020). Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266-280.

Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SSTEm-PjBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BioedUIN: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(9), 28–43. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1564

Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem-pjbl terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal BIOEDUIN, 9(2), 28-43.

Tumanggor, M. (2021). Berpikir Kritis: Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Gracias Logis Kreatif.

Vindiasari Yunizha. (2023). Project Based Learning, Pembelajaran yang Menghasilkan Solusi Terbaik.

Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62

Zubaidah, S. (2019, October). Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 2, pp. 1-19).




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.21611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.