PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI VIRUS
(THE EFFECT OF THE RICOSRE LEARNING MODEL ON STUDENTS' PROBLEM-SOLVING SKILLS AT VIRUS MATERIAL)
Slamet Suyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, B. (2005). Korelasi pemecahan masalah dan indikator berfikir kritis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Writing Center Talk over Time (5th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Diniyyah, M., Susilo, H., Balqis, B., & Sudrajat, A. K. (2022). Improving critical thinking and problem-solving skills through POGIL combined with digital mind map. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 8(3), 275–286. https://doi.org/10.22219/jpbi. v8i3.18992
Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran biologi berbasis steam di era society 5.0. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 182–190. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1739
Firmansyah, K. F., & Subekti, H. (2023). Implementasi model pembelajaran berbasis penemuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa smp. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 61–67. https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/pensa/article/view/46857
Haka, N. B., Sari, L. K., Supriyadi, Handoko, A., Hidayah, N., & Masya, H. (2023). Model pembelajaran ricosre berbantuan podcast terhadap peningkatan keterampilan komunikasi dan berpikir analisis pada mata pelajaran biologi kelas XI. Journal Hypermedia & Technology-Enhanced Learning, 1(1), 15–22. http://dx.doi.org/ 10.58536/j-hytel.v1i1.23
Karmana, I. W. (2015). Profil kemampuan pemecahan masalah biologi siswa sma di kota mataram. Jurnal Ilmiah Biologi, 2(1), 54–61. https://doi.org/10.33394/ bioscientist.v2i1.1308
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. https://guru.kemendikdasmen.go.id/dokumen/74r6YnDzK3
Khasanah, M., Roini, C., & Bahtiar, B. (2022). Pengaruh model pembelajaran ricosre berbantuan videoscribe dan quizziz terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa sma negeri 8 kota ternate. Jurnal Bioedukasi, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33387/ bioedu.v5i1.4417
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 2(1), 701–707. https://proceeding.unnes.ac.id/ snpasca/article/view/360
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Miranda, D., & Wibowo, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 77–89. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18146
Nurmilawati, M., Modok, S. G., & Budiretnani, D. A. (2021). Profil keterampilan pemecahan masalah siswa sekolah menengah atas berdasarkan greenstein pada materi ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 1(1), 667–674. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1294
Ozan, G., Szeinbaum, N., Conlin, P., Chen, K., Fos, S., Garcia, A., Penev, P., Schaible, G., & Trubl, G. (2024). Chapter 5: Major Biological Innovations in the History of Life on Earth. Astrobiology, 24, S-107. https://doi.org/10.1089/ast.2021.0119
Permana, A. (2019). Pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika (survei pada siswa SMK al ihsan depok). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–259. https://doi.org/10.30743/ bahastra.v3i2.3182
Rahmawati, S., Syamsiah, & Muis, A. (2022). Profil keterampilan pemecahan masalah siswa sma negeri 1 wonomulyo pada mata pelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 215–223. https://doi.org/10.30605/ biogenerasi.v7i2.1876
Rasyid, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran E-Atlas dengan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.21831/ edubio.v9i2.19277
Rehman, N., Huang, X., Mahmood, A., AlGerafi, M. A. M., & Javed, S. (2024). Project-based learning as a catalyst for 21st-Century skills and student engagement in the math classroom. Heliyon, 10(23), e39988. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/ j.heliyon.2024.e39988
Shodiqin, A., Sukestiyarno, Wardono, Isnarto, & Utomo, P. W. (2020). Profil pemecahan masalah menurut krulik dan rudnick ditinjau dari kemampuan wolfram mathematica. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 809–820. https://proceeding. unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/672
Sudrajat, A. K., Andriningrum, H., Supartinah, S., & Anggrella, D. P. (2023). Accelerating pre-service elementary school teacher students' problem-solving skills through online case study discussion. International Journal of Innovation and Learning, 34(4), 398–413. https://doi.org/10.1504/IJIL.2023.134749
Sumiati, I. D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2018). Potensi pembelajaran ricosre pada peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1319–1322. http://dx.doi.org/10.17977/ jptpp.v3i10.11662
Susiati, A. L., Palennari, M., & Bahri, A. (2020). Profil keterampilan pemecahan masalah siswa SMA pada pembelajaran biologi kelas XI MIA materi sistem ekskresi se-kecamatan biringkanaya kota makassar. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya Ke-VI 2020 Jurusan Biologi, Fmipa, Unimed, November, 34–40. https://digilib. unimed.ac.id/id/eprint/43848/
Susilo, H., Kristiani, N., & Sudrajat, A. K. (2020). Development of 21st century skills at the senior high school: Teachers' perspective. AIP Conference Proceedings, 2215(1), 30018. https://doi.org/10.1063/5.0000559
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons. https://psycnet.apa.org/record/2009-18745-000
Velayati, N., Muslem, A., Fitriani, S., & Samad, I. (2017). An Exploration of Students' Difficulties in Using Critical Thinking Skills in Reading. Al-Ta Lim Journal, 24, 195. https://doi.org/10.15548/jt.v24i3.298
Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2017). Model pembelajaran ricosre yang berpotensi memberdayakan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 676–685. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.9180
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v11i1.20612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
![]() | Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |