PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODIFIED AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Ahmad Hidayatullah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Triatmanto Triatmanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan media berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi serta mengetahui hasil uji keterbacaan produk oleh siswa calon pengguna pada media pembelajaran modified augmented reality materi sistem gerak pada manusia untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menerapkan model Alessi and Trollip (2001), yang memiliki 3 tahapan utama yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian ini meliputi 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi guru mata pelajaran biologi, serta responden uji keterbacaan yang terdiri dari 37 siswa SMA kelas XI MIPA. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran modified augmented reality materi sistem gerak pada manusia untuk siswa SMA kelas XI yang bernama Muscar.Edu (Muscle Structure Augmented Reality for Education) yang berfokus pada visualisasi struktur dan mekanisme kontraksi otot. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi guru mata pelajaran biologi, media pembelajaran ini layak untuk digunakan karena sudah memenuhi keseluruhan kriteria penilaian dan telah dilakukan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan, serta dapat terbaca dan dipahami dengan baik oleh calon pengguna yaitu siswa SMA kelas XI.


Keywords


augmented reality; struktur otot; mekanisme kontraksi otot

Full Text:

PDF

References


Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97-114.

Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Allyn & Bacon.

Ariyana, R.Y. (2022). Pengantar Sistem Multimedia. AKPRIND Press.

Astutik, A. R., & Mubarok, H. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP-MOTION PADA SUBMATERI FERTILISASI UNTUK SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER. Jurnal Edukasi Biologi, 10(1), 33-41.

Brett, W. J. (1962). BSCS Biology. Contemporary Education, 33(5), 116.

Dukut, E.M., & Murniati, C.T. (2017). Alternatif Pembelajaran Present Tense dengan Cergam Animasi Bahasa Inggris Interaktif yang Berbasis Budaya Year 1. [Doctoral Dissertation]. Universitas Katolik Soegijapranata.

Febriana, E.M. (2022). Pengembangan Media Praktikum Virtual Berbasis Android Materi Virus Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Ditingkat SMA. [Doctoral Dissertation]. UIN Raden Intan Lampung.

Fenty, E. M. A., Rayi Pradono, I., & Nurochmah, D. (2014). Implementasi Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Siswa Kelas 5 SD Budi Luhur Pondok Aren. Semantik, 4(1).

Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404-418.

Hidayati, E. (2021). Efektivitas Metode Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran Alqur’An Hadits di Mi Syafiiyah Kembangarum Mranggen Tahun Pelajaran 2020/2021. [Doctoral Dissertation]. Universitas Islam Sultan Agung.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya.

Kawuwung, F.R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Peserta Didik SMA Negeri 1 Wori di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1).

Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H.K., Ghufron, M.A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D.S., Setiawan, S., Syukron, A.A., & Anggraeni, D., (2022). Teknologi Pembelajaran: Konsep Dan Pengembangannya Di Era Society 5.0. Penerbit NEM.

Rahman, H. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi melalui Model Alessi & Trollip di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Sukoharjo. [Doctoral Dissertation]. UNS (Sebelas Maret University).

Rendi, A. (2021). Penerapan Augmented Reality Pengenalan Jenis Olahraga Berbasis Android. [Doctoral Dissertation]. Universitas Putera Batam.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Saptasari, M., Sunarmi, S., Sulasmi, E. S., Wicaksono, R. S., & Sudrajat, A. K. (2019). Information literacy skill: An alternative to support biology student’s learning outcomes. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 451-458.

Sari, M. S., Sa’diyah, K., Anggarani, D. A., Adriyati, S. D. K., Sudrajat, A. K., & Wicaksono, R. S. (2022, December). Assesing students’ learning outcomes during the Covid-19 pandemic: What should teachers pay attention to?. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2600, No. 1). AIP Publishing.

Setiadi, A. E., & Kahar, A. P. (2021). Analisis standarisasi laboratorium biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pontianak (The analysis of standardization of biology laboratory at senior high school in Pontianak). Jurnal Ilmiah Didaktika, 21(2), 195-207.

Sudrajat, A. K., & Ibrohim, H. S. Demographic factors affecting technological pedagogical content knowledge in Generation-Z preservice biology teachers. Int J Eval & Res Educ ISSN, 2252(8822), 3797.

Sukmawati, F., Santosa, E.B., & Rejekiningsih, T. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Virtual Reality dalam Pendidikan: Transformasi Pendidikan era 5.0. Pradina Pustaka

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima.

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Zahwa, F.A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i2.20239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.