PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADI TOPIK KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA

Wina Afifah Putri, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Indonesia
Paidi Paidi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) topik keanekaragaman hayati dalam peningkatan kemampuan argumentasi siswa.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent control group design.Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sanden, Bantul. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas X5 yang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 yang terpilih sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan argumentasi siswa menggunakan tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney, Uji Jarak Bertanda Wilcoxon, Uji Independent Sample t-test, dan Uji Effect Size.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berpengaruh dalam peningkatan kemampuan argumentasi siswa pada topik keanekaragaman hayati. Hal ini berarti siswa berhasil mencapai tujuan-tujuan yang ditargetkan dalam pembelajaran model ADI.  

Kata kunci: model Argument-Driven Inquiry (ADI), kemampuan argumentasi siswa


Keywords


model Argument-Driven Inquiry (ADI); kemampuan argumentasi siswa

Full Text:

PDF

References


Amiroh, F., & Admoko, S. (2020). Tinjauan Terhadap Model-model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Knsep Fisika Dengan Metode Library Research. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 207–214.

Anwar, Y., Susanti, R., & Ermayanti. (2019). Analyzing scientific argumentation skills of biology education students in general biology courses. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012001

Devi, N. D. C., Susanti VH, E., & Indriyanti, N. Y. (2018). Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 141. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.23308

Dwiretno, G., & Setyarsih, W. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 337–340.

Ekanara, B., Hilmi, Y., & Hamdiyati, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Penalaran Dengan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Melalui PBL. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 13(2).

Fatmawati, D. R., Harlita, & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253–259.

Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, D. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pendidikan Biologi, 9, 39–45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747.Abstrak

Maya Probosari, R., Ramli, M., & Indrowati, M. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan.

Prihandayu, O. (2021a). Keefektifan Model Pembeajaran Argument-Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issues dengan Blended Learning terhadap Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Prihandayu, O. (2021b). Keefektifan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry berbasis Socio-Scientific Issues dengan Blenden Learning terhadap Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sampson, V., & Gleim, L. (2009). Argument-driven inquiry to promote the understanding of important concepts & practices in biology. National Association of Biology Teachers, 71(8), 465–472. https://doi.org/10.1662/005.071.0805

Viyanti, V., Cari, C., Sunarno, W., & Kun Prasetyo, Z. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Argumentasi Mendorong Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1152




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.19130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.