IDENTIFIKASI MATERI SULIT KOMPETENSI DASAR BAKTERI PADA SISWA KELAS X SEMESTER I DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Danny Ria Rindiana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anna Rakhmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Iran, Islamic Republic of

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak materi sulit kompetensi dasar bakteri pada siswa kelas X Semester I di SMA Negeri 1 Kota Mungkid Tahun Ajaran 2021/2022 berdasarkan submateri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes kompetensi dasar bakteri. Analisis data dilakukan dengan menghitung ketercapaian belajar siswa kemudian dibandingkan dengan kriteria tingkat kesulitan materi menurut teori. Hasil Penelitian menunjukkan letak materi sulit kompetensi dasar bakteri berdasarkan submateri adalah pada submateri karakteristik bakteri, klasifikasi bakteri dan reproduksi bakteri dengan tingkat kesulitan sukar. Sub materi peran bakteri dan definisi bakteri memiliki tingkat kesulitan sedang. Urutan materi sulit dari tinggi ke rendah adalah submateri karakteristik bakteri, klasifikasi bakteri, reproduksi bakteri, peran bakteri dan definisi bakteri.

Keywords


materi sulit; kompetensi dasar bakteri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bauman, Robert W. (2007). Microbiology With Diseases by Taxonomy. San Francisco: Pearson Education.

Biggs, Alton, et al. (2008). Biology. USA: McGraw-Hill.

Cimer, A. (2012). What makes biology learning difficult and effective: students’ views. Educ Res Rev. Vol 7(3): 61-71.

Dwijandono & Wuryani. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Gultom, Jesicca Oktavia. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Bakteri Kelas X Di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hermawan, N.H. (2020.) Profil Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Melalui Pembelajaran Daring Di Kelas X SMA Negeri 1 Cimahi. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Hidayatussadah, R., Hidayanti, S. & Ummiyatie, S. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria Di SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 5 (7): 59-60.

Ibrahim, A., Diana, S & Wulan A. (2014). Penerapan Learning Log Class Untuk Mendiagnostik Kesulitan Belajar Siswa SMA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Formica Education Online. Vol 5 (1): 50-55.

Irnaningtyas. (2016). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kholis, R.A.N. (2017). Analisis Tingkat Kesulitan (Difficulty Level) Soal Pada Buku Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 14 (2): 305-315.

Lumapow, H. (2012). Identifikasi Materi sulit Ujian Nasional Bahasa Inggris. Jurnal Kependidikan. Vol 42: (1): 61-75.

Miftakhurtohmah. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Pada Siswa Kelompok Lintas Minat Biologi Kelas X IPS SMA Negeri Di Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Perry, Jerome J., James T. Staley, & Stephen Lory. (2002). Microbial Life. Sunderland: Sinauer Associates.

Pratiwi, D., dkk.(2013). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga

Rasyid, Harun & Mansur. (2008). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.

Ruhil. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal of education. Vol 3(2): 172-186.

Siswoyo, D. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Subali, B. 2012. Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sylvia, T. (2008). Mikrobiologi Farmasi. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
               

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.