HUBUNGAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA TENTANG VAKSINASI COVID-19
Yuni Wibowo,
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengalaman belajar biologi materi virus yang dialami siswa, (2) mengetahui argumentasi siswa tentang vaksinasi Covid-19 setelah mendapatkan pengalaman belajar biologi materi virus, (3) mengetahui hubungan pengalaman belajar biologi materi virus dengan kemampuan argumentasi siswa tentang vaksinasi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional ex post facto dengan pendekatan analisis data kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri yang berlokasi di Bantul sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan dengan angket, tes dan wawancara. Reliabilitas instrumen diuji dengan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach yang memperoleh hasil 0,971 untuk pengalaman belajar dan 0,892 untuk instrumen kemampuan argumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengalaman belajar biologi materi virus siswa sebagian besar termasuk dalam kategori sedang sebanyak 33,3% dari total sampel, (2) kemampuan argumentasi siswa tentang vaksinasi covid-19 sebagian besar termasuk dalam kategori rendah sebanyak 36,6% dari total sampel, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengalaman belajar biologi materi virus dengan kemampuan argumentasi siswa tentang vaksinasi covid-19 (r: 0,344, p: 0,007). Hubungan antara tingkat pengalaman belajar dan tingkat kemampuan argumentasi rendah karena pengalaman belajar hanya menyumbangkan 8,8% pada kemampuan argumentasi dan 91,2% sumbangan dari faktor lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyono. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 174. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10122
Cetin, P. S. (2014). Explicit argumentation instruction to facilitate conceptual understanding and argumentation skills. Research in Science & Technological Education, 32(1), 1-20.
Dawson , V.M., & Venville, G. (2010). Teaching strategies for developing student’s argumentation skill about socioscientific issues in high school genetics. Reasearch in Science Education, 40, hlm. 133-148.
Ferdyan, R., Indriati, G., & Nerita, S. (2015). Tinjauan Upaya Preventif Siswa Terhadap Penyakit yang Berasal dari Mikroba Setelah Mempelajari Materi Virus dan Bakteri di SMAN 16 Padang. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, M. (2015). Penerapan model argument-driven inquiry dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 32-37.
Kulatunga, U., Moog, R. S., & Lewis, J. E. (2013). Argumentation and participation patterns in general chemistry peer‐led sessions. Journal of Research in Science Teaching, 50(10), 1207-1231.
Laili, Maskhurotul (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Keluargaku Pada Peserta Didik Kelas I Sdn 129 Greges Surabaya. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Mahardika, I. A., Fitriah, & Zainuddin. (2015). Oktober. Keterampilan Berargumentasi Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Vidya Karya I, 756-757.
Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model argument-driven inquiry (ADI) dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(2), 39-45
Mutiah, H., & Ulfa, A. Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Biologi Melalui Model Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Siswa. Binomial, 5(1), 69-80.
Nurhakim, L., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2017). Pengalaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Komputer Model Drills And Practice Di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6).
Nurjalilah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Kenampakan Alam Dalam Pembelajaran Ips (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Permendikbud Nomor 81A Tahun (2013), Implementasi Kurikulum, Lampiran IV. Pedoman Umum Pembelajaran.: Jakarta.
Prabowo, M. (2020). Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Bintan Timur Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.
Setiono, S. (2017). Optimalisasi Penguasaan Konsep, Kemampuan Berinkuiri Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Melalui Modul Berbasis Inkuiri. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.23969/biosfer.v1i1.266
Subiantoro, Agung W. (2016). Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Makalah PPM. FMIPA UNY
Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Surachman, S., Wibowo, Y., & Suhardi, S. (2014). Implementasi Scientific Process pada Mata Pelajaran Biologi di MA Kotamadya Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 168-177.
Viyanti, V., Cari, C., Sunarno, W., et al (2016). Pemberdayaan Keterampilan Argumentasi Mendorong Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 43– 48. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1152
Wati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21-30.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i2.18330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |