PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMP DEVELOPING SCIENCE MODULE BASED SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY TO IMPROVE ATONOMOUS LEARNING AND CONCEPT UNDERSTANDING FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Lilik Wijayanto,
Eko Widodo,
Wita Setianingsih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM); (2) mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan Modul IPA; (3) mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan modul IPA; (4) mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM). Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi modul IPA, lembar keterlaksanaan dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), angket dan lembar observasi kemandirian belajar, tes pemahaman konsep (pretest dan postest), dan angket respon peserta didik terhadap modul IPA yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Modul IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) memiliki kualitas yang sangat baik sehingga layak untuk digunakan; (2) Terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik yang dapat diketahui dengan melihat gains score ternormalisasi sebesar 0,18 dengan kriteria rendah dan melalui lembar observasi masing-masing pertemuan sebesar 78,99%, 81,08%, dan 86,29% dengan kriteria baik, baik, dan sangat baik; (3) Terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang dapat diketahui dengan melihat gains score ternormalisasi sebesar 0,46 dengan kriteria sedang; (4) Respon peserta didik dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Modul IPA, Sains Teknologi Masyarakat, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep

This study aims to: 1) investigating the appropriateness of Science Technology Society (STS); 2) investigating students’ autonomy after using science module; 3) investigating the improvement of students’ understanding after using science module; 4) investigating students’ response toward science module based Science Technology Society (STS). This research was categorized as Research and Development study with 4D Design (Define, Design, Develop, and Disseminate). Research instrument applied in this study were validation sheet of science module, observation sheet based on Science Technology Society (STS), observation sheet and questionnaire of students’ autonomy, test (pre-test and post-test), and questionnaire of students’ responses toward the developed science module. The results of this study show that: 1) science module based Science Technology Society has a very good quality and appropriate to be used; 2) there is improvement on students’ autonomy which is known from nominalized gains score as 0.18 which is categorized as low and from observation sheet from each meeting as 78.99%, 81.08%, and 86.29% which categorized as good, good, and very good; 3) there is improvement in students’ understanding about concept which is indicated by nominalized gains score as 0.46 which is categorized as fairy; 4) students’ response which categorized as very good.

Keywords: science module, science technology society, autonomous learning, concept understanding


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.