PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED LEARNING CYCLE 7E TO INCREASE PROCESS SKILL AND CONCEPT UNDERSTANDING

Mochamad Rizal Amanullah,
I Gusti Putu Suryadarma,
Widodo Setiyo Wibowo,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep peserta didik ditinjau dari penilaian dari dosen ahli dan guru; (2) respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Learning Cycle 7E dalam meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep; (3) tingkat/pencapaian keterampilan proses peserta didik; (4) tingkat/pencapaian pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) oleh Thiagarajan (1987). Hasil penelitian diperoleh (1) Kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep peserta didik mendapat skor 60,5 menurut dosen ahli dan mendapatkan skor 61 oleh guru IPA; (2) Respon peserta didik terhadap LKPD mendapat rerata skor 24,6; (3) Keterampilan proses mengalami peningkatan dari 46,1% menjadi 87,1%; (4) Pemahaman konsep meningkat dengan nilai gain score sebesar 0,73.

Kata kunci: Keterampilan Proses, Learning Cycle 7E, LKPD, Pemahaman Konsep, Pemanasan Global

This research aims (1) advisibility student worksheet based Learning Cycle 7E to increasing process skill and concept understanding learners based on assesmenst of lecture experts and teacher; (2) the respon of the student to student worksheet; (3) the level /the achievement of process skill; (4) level concept understanding. The research used 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan (1987). The research result (1) Decency student worksheet based Learning Cycle 7E to increase process skill and concept understanding learners score 60,5 and score 61 from science teacher; (2) The response student score 23,4; (3) Increase the process skill get 46,1% to 87,1%; (4) Increase the concept understanding student get gains score of 0,73.

Keywords: Concept Understanding, Global warming, Process Skill, Student Worksheet


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.