PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS SCIENTIFIC METHOD UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIAL BASED ON SCIENTIFIC METHOD TO IMPROVE
Joko Sudomo,
Allesius Maryanto,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar IPA berbasis scientific method yang layak digunakan untuk meningkatkan high order thingking skill (HOTS) dan mengembangkan sikap sosial pada materi tekanan zat dan penerapannya; (2) mengetahui peningkatan HOTS siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA hasil pengembangan; (3) mengetahui perkembangan sikap sosial siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA hasil pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) oleh Thiagarajan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) telah dihasilkan bahan ajar IPA berbasis scientitif method yang layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan mengembangkan sikap sosial dalam pembelajaran IPA dengan skor rata-rata 147,5, nilai B yang masuk dalam kategori baik.; (2) HOTS siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar IPA hasil pengembangan meningkat dengan rata-rata gain score adalah 0,45 yang masuk dalam kategori sedang dengan signifikansi peningkatan; dan (3) sikap sosial kerjasama siswa mengalami perkembangan dari 58,2% menjadi 79,4% atau dari kategori kurang menjadi baik dan sikap sosial tanggung jawab siswa mengalami perkembangan dari 60,6% menjadi 78,2% atau dari kategori kurang menjadi baik.
Kata kunci: Bahan Ajar, Scientific method, HOTS, Sikap Sosial
The aims of this research are (1) to produce teaching materials based on scientific methods that are feasible to improve high order thingkin skill (HOTS) and developing social attitudes of learners from the aspect of the content/materials, components of language and images, presentation, and graphic; (2) to determine the improvement of HOTS after participating in learning using teaching materials in the subject matter of pressure and its daily life application; (3) to determine the development of social attitude after participating in learning using teaching material in the subject matter of pressure and its daily life application. The research used 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) by Thiagarajan. The results of this research are (1) teaching material based on scientific method to improve HOTS and develop social attitude in the subject matter of pressure and its daily life application is feasible with a score 147.5 included good category (B); (2). HOTS increased by an average of gain score is 0.45, included in the moderate category; (3) social attitude of cooperation develop from 58.2% to 79.4% and attitude of reponsibilyty develop from 60.6% to 78.2%.
Keywords: teaching material, scientific method, HOTS, social attitudes.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |