PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF PADA MATERI RANGKA DAN OTOT MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Zuhdan Kun Prasetyo,
Yuliati Yuliati,
Abstract
Penelitiandilatarbelakangipermasalahankurangnya media pembelajaran yang memfasilitasikemandirianbelajarpesertadidik.Tujuanpenelitianuntukmengetahui: (1) kelayakan Multimedia Pembelajaran IPA nteraktifmateriRangkadanOtotManusia, dan (2) peningkatankemandirianbelajarpesertadidikmenggunakan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif.
PenelitianResearch and Development (R&D)mengadaptasidesainpengembangan 4-D menurutThiagarajan yang terdiridariempattahapan: define, design, develop,disseminate. Subjekpenelitianadalah 36 pesertadidikkelas VIII-F SMP N 2 Klaten semester I tahunajaran 2015/2016.Instrumenberupaangketkelayakan Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif, angketresponpesertadidikterhadap Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif, lembarobservasikemandirianbelajar, danangketkemandirianbelajar. Data dikonversikankeskalalikertempatpoin.Peningkatankemandirianbelajardihitungdenganujisignifikansit-testberkorelasimenggunakanpretest danposttest group design.
Hasilpenelitianadalah (1) Multimedia Pembelajaran IPA Interaktifdikategorikansangatbaikdenganhasilpenilaian 3,45. Kelayakandidukungresponpesertadidikdengankategorisangatbaikdengannilai 3,19, dan (2) Multimedia Pembelajaran IPA Interaktifdapatmeningkatkankemandirianbelajarpesertadidik. Peningkatansignifikandibuktikanujisignifikansiuji-t berkorelasimelaluiangketdanlembarobservasikemandirianbelajar.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran IPA Interaktif, kemandirianbelajar, rangkadanotot
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |