Pengaruh Model Case Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTsN 3 Padang
Rahmah Evita Putri, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Widia Kemala Sari, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Khairil Arif, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669. https://doi.org/doi.org/10.5281/zenodo.8436970 p-ISSN:
Asri, P. puspita prastiwi, & Dwikoranto. (2020). Validitas Perangkat Model Pembelajaran Case Based Learning Untuk Melatihkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 543–550. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p543-550
Astuti, M. L. (2024). The Role of 6C Skills in 21st Century Learning of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume, 7(2), 154–161. https://doi.org/doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.80220
Atabaki, A. M. S., Keshtiaray, N., & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of critical thinking concept. International Education Studies, 8(3), 93–102. https://doi.org/10.5539/ies.v8n3p93
Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh model case based learning (CBL) terhadap keterampilan generik sains dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi minyak bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687
Ennis, R. (2015). Critical Thinking: A Streamlined Conceptiom. Teaching Philosophy, 14, 5–23. https://doi.org/10.1057/9781137378057.0005
Facione, P. a. (2020). Critical Thinking: what is is and why it counts. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Fatimah, S., & Nurita, T. (2023). membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui case based learning pada materi getaran. Jurnal Pendidikan Sains, 11(3), 273–277.
Fisher, A. (2011). No Title. In Critical Thinking (2nd ed.). https://philpapers.org/rec/FISCTA-5
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6). https://doi.org/doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Majendra, P. ode, Ulfiyani, S., & Ulumuddin, A. (2024). Penerapan Model Case Based Learning ( CBL ) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Mataram Semarang Tahun Pelajaran 2023 / 2024. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(1). https://doi.org/doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.1118
Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
Ritonga, N., Sakdiah, H., Gultom, B., Nazliah, R., Studi, P., Biologi, P., & Keguruan, F. (2020). Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran IPA melaluai pendekatan keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 41–45. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/index41
Safira, P., Junaidi, & Saputra, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Biomafika, 11, 28–33.
Sari, iin nila, Irhasyuarna, Y., & Annur, S. (2020). Identifikasi keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri Di Kabupaten Tabalong Pada Mata Pelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education, 03, 293–298. https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.876
Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, R. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Seminar Matematika Dan Pendidika Matematika UNY, 243–250.
Tamrin, M., S.Sirate, st. F., & Muh.Yusu. (2011). Teori Belajar konstruktivisme Vygotsky dalam pembelaaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 40–47. https://doi.org/doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7203
Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 30–37. https://doi.org/10.31101/jhes.515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:

Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
![]() | Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |





