Pengaruh Model Case Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTsN 3 Padang

Dwi Retno Ningsih, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Rahmah Evita Putri, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Widia Kemala Sari, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Khairil Arif, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Berpikir. kritis merupakan salah satu dari keterampilan 6C yang perlu dikuasai peserta didik pada abad ke-21, terutama dalam pembelajaran IPA untuk menafsirkan informasi, menemukan solusi, serta mengidentifikasi masalah. Hasil observasi di MTsN 3 Padang menunjukkan keterampilan berpikir kritis peserta didik belum optimal karena pembelajaran masih didominasi oleh guru dan belum pada siswa, sehingga diperlukan inovasi melalui model CBL yang menekankan analisis kasus nyata melalui diskusi. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain non-equivalent.control group design . Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yakni kelas VIII.6 sebagai kontrol dan VIII.8 sebagai.eksperimen. Instrumen tes berupa tes uraian (esai), lembar observasi, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa CBL berdampak positif terhadap keterampilan berpikir kritis dengan capaian tertinggi pada indikator evaluasi (83,59%) dan terendah pada indikator eksplanasi (78,51%), keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat baik (95,8%), serta respon siswa mayoritas positif. Dengan demikian, CBL terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, baik dari segi pemahaman konsep, analisis informasi, maupun partisipasi aktif dalam pembelajaran.

Keywords


CBL, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669. https://doi.org/doi.org/10.5281/zenodo.8436970 p-ISSN:

Asri, P. puspita prastiwi, & Dwikoranto. (2020). Validitas Perangkat Model Pembelajaran Case Based Learning Untuk Melatihkan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Getaran Harmonis Sederhana. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 543–550. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p543-550

Astuti, M. L. (2024). The Role of 6C Skills in 21st Century Learning of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume, 7(2), 154–161. https://doi.org/doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.80220

Atabaki, A. M. S., Keshtiaray, N., & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of critical thinking concept. International Education Studies, 8(3), 93–102. https://doi.org/10.5539/ies.v8n3p93

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh model case based learning (CBL) terhadap keterampilan generik sains dan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi minyak bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687

Ennis, R. (2015). Critical Thinking: A Streamlined Conceptiom. Teaching Philosophy, 14, 5–23. https://doi.org/10.1057/9781137378057.0005

Facione, P. a. (2020). Critical Thinking: what is is and why it counts. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Fatimah, S., & Nurita, T. (2023). membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui case based learning pada materi getaran. Jurnal Pendidikan Sains, 11(3), 273–277.

Fisher, A. (2011). No Title. In Critical Thinking (2nd ed.). https://philpapers.org/rec/FISCTA-5

Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6). https://doi.org/doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.207

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Majendra, P. ode, Ulfiyani, S., & Ulumuddin, A. (2024). Penerapan Model Case Based Learning ( CBL ) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Pada Peserta Didik Kelas X SMK Mataram Semarang Tahun Pelajaran 2023 / 2024. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(1). https://doi.org/doi.org/10.59059/perspektif.v2i1.1118

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

Ritonga, N., Sakdiah, H., Gultom, B., Nazliah, R., Studi, P., Biologi, P., & Keguruan, F. (2020). Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran IPA melaluai pendekatan keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 3(2), 41–45. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/index41

Safira, P., Junaidi, & Saputra, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Biomafika, 11, 28–33.

Sari, iin nila, Irhasyuarna, Y., & Annur, S. (2020). Identifikasi keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri Di Kabupaten Tabalong Pada Mata Pelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education, 03, 293–298. https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.876

Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, R. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Seminar Matematika Dan Pendidika Matematika UNY, 243–250.

Tamrin, M., S.Sirate, st. F., & Muh.Yusu. (2011). Teori Belajar konstruktivisme Vygotsky dalam pembelaaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 40–47. https://doi.org/doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7203

Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 30–37. https://doi.org/10.31101/jhes.515


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.