PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI POTENSI PANTAI TRISIK PADA TEMA KEHIDUPAN HARMONIS DALAM EKOSISTEM ALAM TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS VII SMP

Asni Zuhriyanti, Universitas Negeri Yogyakarta
Rizki Arumning Tyas, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik dengan model direct instruction; (2) Mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik terhadap literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design, dengan kelompok eksperimen menggunakan model discovery learning dan kelompok kontrol menggunakan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrument tes berupa soal pilihan ganda pretest-posttest domain kognitif literasi sains sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket pretest-posttest domain afektif literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran; analisis deskriptif; uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas; dan uji hipotesis meliputi uji independent sample t-test, uji effect size, serta uji korelasi terkait hubungan antara domain kognitif dan afektif literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi sains peserta didik antara pembelajaran model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik dengan model direct instruction; (2) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model discovery learning terintegrasi potensi Pantai Trisik terhadap literasi sains siswa.

Keywords


discovery learning; literasi sains; potensi pantai trisik; ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Alwanda, R. I., Alviasyah, E. N., Lailatul, S. F., & Jariyah, I. A. (2024). Urgensi keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA di SMP dalam menyongsong era society 5.0. Science Education and Development Journal Archives, 2(2), 44-50.

Amazida, E. A., Rahmi, R., & Azzarkasyi, M. (2022). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis praktikum terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA 2 Peusangan. Jurnal Biology Education, 9(2), 109–113.

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2. Auflage). Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Dukalang, M. O. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal melalui model discovery learning terhadap literasi sains pada materi energi dalam sistem kehidupan di kelas VII SMP Negeri 3 Gorontalo (Skripsi). Universitas Negeri Gorontalo.

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98-108.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Hamalik, O. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. In Jakarta: Bumi Aksara.

Ilmiati, A. (2024). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1768-1776.

Jamallika, Handziko, & Krisnawati. (2023). Pengaruh model discovery learning berbasis LKPD terhadap kemampuan konsep dan literasi sains siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 1-8.

Jannah, A., Mayub, A., & Hamdani, D. (2021). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Sma Negeri Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 93-102.

Kasse, F., & Widianto Atmojo, I. R. (2022). Analisis Kecakapan Abad 21 Melalui Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 10(1), 124-128.

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kulsum, S., Surahman, S., & Ali, M. (2020). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan literasi sains pada subkonsep pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 234-242.

Lubis, M. M., Mahzum, E., & Halim, A. (2021). Analisis Kemampuan literasi sains mahasiswa jurusan pendidikan fisika Universitas Syiah Kuala berdasarkan instrumen scientific literacy assessment. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 9(8), 1479-1488.

Ma’rifah, D. R., Sukirman, Subiantoro A. W. (2015). Penyusunan Video Karakteristik Vegetasi Pantai Trisik sebagai Alternatif Sumber Belajar Sub-Materi Kekhasan Ekosistem Pesisir Pantai Pasir untuk Siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 3(1).

Masna, M. (2024). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI 3 PALU. Koordinat Jurnal MIPA, 5(2), 88-94.

Nisa, W. M., Wilujeng, I., & Pradana, D. (2020). Increased interest in science learning through integrated learning of local snacks with the discovery learning model. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 78-82.

Novita, H., Marneli, D., Delfita, R., & Fajar, N. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Bernuansa Potensi Lokal Pada Materi Plantae Di Kelas X MAN 2 Agam. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 3(1), 56.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD.

Pujiasih, T., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 46-55.

Purnamasari, M. I., & Herawati, A. (2024, December). PEMANFAATAN POTENSI LOKAL LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas (Vol. 3, pp. 196-201).

Putri, D. K., & Mulyani, S. (2020). Pengaruh Discovery Learning berbasis potensi lokal terhadap literasi sains siswa SMP. Jurnal EduBiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi, 11(1), 17-23.

Rahmi, L., Inayah, N. A., Sari, R. P., & Fitri, R. (2022). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 2, No. 2, pp. 1040-1047).

Ramadini, D. P. (2022). Pengaruh Discovery Learning terhadap literasi sains biologi siswa SMA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 45-52.

Ratna, D. P. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 01 Banjit (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Salsabila, S., Aulia, S., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Objek Wisata Dan Pantai. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(2), 20–26.

Santoso, A., Rahmawati, F., & Prasetyo, Z. (2024). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 45-56.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.

Sutarto, H. (2022). Kontekstualisasi model discovery learning dalam pendidikan sains. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 33–45.

Ulfian, U., Syamsu, S., & Mansyur, M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Selatan. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 10(2), 123–131.

Wijayanti, A., Putri, E. D. H., Asshofi, I. U. A., Rahayu, E., & Yulianto, A. (2024). Pendampingan Penyusunan Paket Wisata Tematik Di Desa Wisata Banaran, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Abdimas Pariwisata, 5(1), 78-86.

Winda, N., Jayanti, E. T., & Sholehah, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Di MTs Miftahul Ishlah Tembelok Kota Mataram. Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1), 21-29.

Yuliasari, D., Rachmadyanti, P., & Fitriyah, N. (2024). Pembelajaran IPA abad 21: Tantangan dan strategi implementasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 20–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.