Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Phet Simulation Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional

Ratih Vicha Anggraeni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ismail Fikri Natadiwijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Didik Setyawarno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan berpikir komputasional peserta didik pada materi gerak dan gaya. Pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari 64 peserta didik yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation, sementara kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Instrumen penelitian berupa tes pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan effect size. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan berpikir komputasional antara kedua kelas (p = 0,001 < 0,05), dengan nilai effect size sebesar 0,74 (kategori sedang ke tinggi). Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 83,59, meningkat dari 58,13, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 57,81 menjadi 79,22. Indikator berpikir komputasional dengan peningkatan tertinggi adalah pengenalan pola. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasional dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif di era abad ke-21.


Keywords


Problem Based Learning, PhET Simulation, berpikir komputasional, gerak dan gaya, IPA.

Full Text:

PDF

References


Alfina, A. (2017). Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial. [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Apriani, S., Hidayat, R., & Sutisna, A. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 137–142.

Arends, R. I. (2007). Learning to Teach (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Astutik, S. (2019). Pemanfaatan Media Simulasi Interaktif PhET dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 45–53.

Ekawati, S. (2019). Pengaruh Media Interaktif terhadap Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(2), 213–220.

Fachrurazi. (2010). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Sains. Jurnal Pendidikan, 11(2), 134–145.

Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K–12: A Review of the State of the Field. Educational Researcher, 42(1), 38–43.

Kalelioglu, F., Gülbahar, Y., & Kukul, V. (2016). A Framework for Computational Thinking Based on a Systematic Research Review. Baltic Journal of Modern Computing, 4(3), 583–596.

Khoiriyah, I., dkk. (2015). Pemanfaatan Simulasi PhET untuk Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 61–70.

Maharani, D. A., dkk. (2020). Perkembangan Computational Thinking dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 6(1), 88–94.

Moore, E. B., Chamberlain, J. M., Parson, R., & Perkins, K. K. (2014). PhET Interactive Simulations: Transformative Tools for Teaching Chemistry. Journal of Chemical Education, 91(8), 1191–1197.

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., & Wieman, C. (2012). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. University of Colorado Boulder.

Pratiwi, D. A., & Akbar, S. (2022). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 79–88.

Setyosari, P. (2017). Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutedjo, B. (2009). Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Grasindo.

Tipler, P. A., & Mosca, G. (2008). Fisika untuk Sains dan Teknik: Mekanika, Gelombang, Panas (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utami, N. R., & Indarini, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 243–252.

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.

Wuryaningsih, I., & Suharno. (2014). Penggunaan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 105–113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.