PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN POTENSI LOKAL INDUSTRI TAHU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP
Purwanti Widhy Hastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning mengolah potensi lokal industri tahu dengan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning , dan (2) menganalisis pengaruh model Problem Based Learning mengolah potensi lokal industri tahu terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan desain penelitian berupa nonequivalent control group pretest-posttest design . Populasi penelitian ini mencakup seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta (VII A-VII H). Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas VII C (kontrol) dan VII A (eksperimen). Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis dan non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran meliputi modul ajar dan LKPD yang telah divalidasi secara konstruktif oleh ahli, sedangkan instrumen tes telah dianalisis menggunakan software Quest . Teknik analisis data dilakukan melalui uji independen sample T test , uji effect size , dan uji N-Gain Score . Hasil uji independen sample t-test soal pretest memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,425 (> 0,05) menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independen sample t-test soal posttest memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (< 0,05) menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besarnya pengaruh perlakuan diukur dengan uji effect size , diperoleh nilai sebesar 1,170 dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang menggunakan potensi lokal industri tahu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII pada materi pencemaran lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdalia, Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Kearifan Lokal Sandeq pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 68–71
Agung, A. A. G. (2022). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(3): halaman 422-432.
Darmawati, Y., & Mustadi, A. (2023). The Effect of Problem-Based Learning on the Critical Thinking Skills of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 142–151
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory into Practice, 32(3), 179-186.
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: Outlines of general critical thinking concepts and standards.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Millbrae, CA: Measured Reasons and The California Academic Press.
Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Metakognisı Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2823-2835.
Fauzziyah, H. Ilah, I., Mulyadi, E. (2024). Perbedaan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Problem Based Learning. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 179-188
Febrita, I., & Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berpikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2): halaman 1619-1633
Handayani, F. (2020). MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL BERBASIS STEM PADA MASA PANDEMIK COVID 19. Cendekiawan, 2(2), 69-72.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MAtematika Universitas Pattimura (Vol. 1, pp. 21-24).
Nahadi., Pupung, P., Wiwi S., & Tri, L. (2021). Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Kimia; Model Tes Dan Pengembangannya. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Nisa, W. M. (2022). Pembelajaran Terintegrasi “Polos” (Potensi Lokal Sekolah) dalam Peningkatan Minat Belajar IPA Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 1125–1138
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.
Parwono, Pargito, Darsono. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kesiapan peduli Sosial dan Lingkungan Hidup Siswa. Jurnal FKIP UNILA. 1(3)
Pranama, A. B., et al. (2024). Pengaruh Pembelajaran Abad 21 terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(2), 123-145.
Rahmi, M., Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 685.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad. Jurnal Basicedu, 5(5), DOI:4334-4339.
Simatupang, H., & Ionita, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMA Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245-251.
Supriana, I.W. Suastra, & I.W. Lasmawan. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 130–142.
Wahyudi & Riyadhotul, M., Muhamad, C. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan-kerajaan di Nusantara pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adiarsa Tahun Ajaran 2022/2023. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 11(3), 1053–1059.
Wulandari, T., Rohimin., Nurlaili. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 3, No. 3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal TPACK IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:

Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
![]() | Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |




