PENGEMBANGAN BUTIR SOAL TES UNTUK MENGUKUR KETERCAPAIAN SCIENCE PROCESS SKILL PESERTA DIDIK SMP KELAS VII POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA
Nur Kadarisman, , Indonesia
Susilowati Susilowati, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal tes yang layak digunakan untuk mengukur ketercapaian science process skill peserta didik SMP/MTs. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Penskoran menggunakan penskalaan politomus dan dianalisis menggunakan Partial Credit Model 1 parameter logit (PCM 1-PL) dengan program QUEST. Hasil penelitian pengembangan adalah dari 25 butir soal yang diujikan terdapat 22 butir yang memenuhi kriteria sebagai alat ukur yang baik dilihat dari validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba menghasikan kriteria mean INFIT MNSQ 1,0 dan simpangan baku 0,18 menunjukkan tes fit dengan PCM. Reliabilitas butir soal ditunjukkan dengan koefisien alpha Cronbach adalah 0,82 kategori sangat reliabel.Validitas butir soal berdasarkan analisis data empiris dihasilkan 22 butir soal yang valid dengan 15 butir soal kategori baik dan 7 soal kategori cukup baik.
Kata kunci: Butir Soal Tes, Science Process Skill, Kalor dan Perpindahannya
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |