PENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI “TEKANAN ZAT” BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMP

Mouromadhoni Kasyfi Rifqi, , Indonesia
Sabar Nurohman, , Indonesia
Susilowati Susilowati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD IPA yang dikembangkan menurut ahli dan
guru, (2) respon peserta didik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (3) tingkat sikap ingin
tahu peserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berpendekatan authentic inquiry learning (4) peningkatan
kemampuan problem solving peserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berpendekatan autentic inquiry
learning.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (four-D). Tahap-tahap
penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek
penelitian adalah  dosen ahli,  guru IPA, dan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa instrumen validasi LKPD dosen ahli dan guru, angket respon peserta didik, angket
sikap ingin tahu, lembar observasi kemampuan problem solving, dan pretest-posttest kemampuan problem solving.
Teknik analisis yang digunakan antara lain rerata skor untuk mencari skor aktual, konversi skor menjadi empat
kategori, skor persentase sikap ingin tahu, konversi skor menjadi nilai kategori sikap ingin tahu, perhitungan
persentase penguasaan kemampuan problem solving, dan gainscore penguasaan kemampuan problem solving.
Hasil penelitian dari pengembangan LKPD IPA adalah (1) LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning
yang dikembangkan dinilai sangat baik oleh dosen ahli dan guru serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA, (2)
peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning hasil
pengembangan, (3) tingkat sikap ingin tahu diperoleh kategori kuat (4) peningkatan kemampuan problem solving
peserta didik dalam pembelajaran menggunakan IPA berpendekatan authentic inquiry learning diperoleh peningkatan
sebesar 17,8%dan gainscore sebesar 0,74 yang termasuk dalam kategori “tinggi”.

Kata kunci: LKPD IPA, Pendekatan Authentic Inquiry Learning, Sikap Ingin Tahu, Kemampuan Problem Solving

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.