PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRACTICAL SKILLS SISWA SMP
Insih Wilujeng, , Indonesia
Asri Widowati, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan Petunjuk Praktikum IPA yang dihasilkan; (2)
Mengetahui peningkatan practical skills siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum IPA. Model penelitian yang
digunakan adalah Research dan Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Langkah-langkah
tersebut diadaptasi menjadi 7 langkah utama, yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan
produk; (4) penilaian ahli; (5) revisi produk; (6) uji lapangan; (7) diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dihasilkan produk Petunjuk Praktikum IPA dengan nilai A dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap
petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik (B). Penguasaan practical skills siswa
setiap pertemuan selalu mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama penguasaan practical skills siswa sebesar
66% dalam kategori baik. Pertemuan kedua penguasaan practical skills siswa meningkat menjadi 82% dalam kategori
sangat baik. Pertemuan ketiga terjadi peningkatan practical skills menjadi 93% dalam kategori yang sangat baik.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum IPA, Practical skills
Mengetahui peningkatan practical skills siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum IPA. Model penelitian yang
digunakan adalah Research dan Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Langkah-langkah
tersebut diadaptasi menjadi 7 langkah utama, yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan
produk; (4) penilaian ahli; (5) revisi produk; (6) uji lapangan; (7) diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dihasilkan produk Petunjuk Praktikum IPA dengan nilai A dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap
petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik (B). Penguasaan practical skills siswa
setiap pertemuan selalu mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama penguasaan practical skills siswa sebesar
66% dalam kategori baik. Pertemuan kedua penguasaan practical skills siswa meningkat menjadi 82% dalam kategori
sangat baik. Pertemuan ketiga terjadi peningkatan practical skills menjadi 93% dalam kategori yang sangat baik.
Kata kunci: Petunjuk Praktikum IPA, Practical skills
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |