PENGEMBANGAN LKPD SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Eka Rachmawati, , Indonesia
Sabar Nurohman, , Indonesia
Asri Widowati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek syarat
didaktik, syarat kontruksi, syarat teknis dan kesesuaian dengan Learning Cycle. 2) Adanya peningkatan
pemahaman peserta didik dengan Model Pembelajaran Learning Cycle di SMP N 1 Wates dalam bentuk
LKPD. 3) Respon peserta didik dan pendidik SMP N 1 Wates terhadap kualitas LKPD Sistem
Transportasi Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define,
Design, Develop, dan Disseminate). Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis
kuantitatif. Analisis kualitatif yaitu berupa uraian saran dan skor  penilaian dari semua validator yang
sudah dikonversi menjadi skala 4, sedangkan analisis data secara kuantitatif dengan perhitungan
persentase keterlaksanaan pembelajaran dan ketercapaian peningkatan pemahaman menggunakan
standard gain serta perhitungan ketuntasan nilai evaluasi terhadap KKM sebagai indikator ketercapaian
pemahaman peserta didik. Hasil penelitian ini menghasilkan LKPD IPA dalam model pembelajaran
Learning Cycle dengan tema Sistem Transportasi Makhluk Hidup memperoleh jumlah skor total 108,5
dari skor maksimal 128 termasuk kategori sangat baik (A). LKPD IPA yang dikembangkan mampu
menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik dan respon peserta didik dengan sangat baik
terhadap kualitas LKPD IPA ini.
Kata Kunci: LKPD, Learning Cycle, Sistem Transportasi Makhluk Hidup, Pemahaman Peserta Didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.