PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR SENYAWA CAMPURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beda model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran langsung terhadap: (1) motivasi belajar, (2) hasil belajar kognitif, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jenis enelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VIII SMPN 1 Banguntapan. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar soal pretest dan posttest hasil belajar kognitif, dan lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis persentase untuk motivasi belajar, (2) uji independent sample t-test dan (3) uji effect size cohen's untuk hasil belajar kognitif. Hasil penelitian ini adalah terdapat beda antar kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran langsung terhadap (1) motivasi belajar dan (2) hasil belajar kognitif, serta terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi unsur senyawa campuran.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal TPACK IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |