PENGARUH STRATEGI SERVICE LEARNING BERMODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILLS DAN SIKAP INGIN TAHU SISWA
Ekosari Roektiningroem, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya: (1) pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap problem solving skills siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon dan (2) pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap sikap ingin tahu siswa SMP kelas VII SMP Negeri 3 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Sewon. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) soal pretest posttest, (2) lembar observasi sikap ingin tahu siswa (3) lembar observasi problem solving skills. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t test dilanjutkan dengan perhitungan effect size Cohen dan effect size Jahjouh. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap problem solving skills siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon dengan kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap sikap ingin tahu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon dengan kriteria berefek besar.
Kata kunci: problem based learning, problem solving skills, service learning, sikap ingin tahu
Kata kunci: problem based learning, problem solving skills, service learning, sikap ingin tahu
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |