PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Ekosari Roektiningroem, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Children Learning in Science (CLIS) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan design non equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Wates. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M (Scientific Approach). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest, lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian berupa uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis penelitian menggunakan uji t (Independent Sample t-test), selanjutnya dilakukan dengan perhitungan Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Besarnya pengaruh model Children Learning In Science (CLIS) disajikan pada perhitungan Effect Size Cohen’s dengan kategori “Sedang”.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, model Children Learning in Science (CLIS), pembelajaran IPA
Abstract
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, model Children Learning in Science (CLIS), pembelajaran IPA
Abstract
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |