PERBEDAAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP PADA PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NATURE OF SCIENCE MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY TRAINING

Elsa Tianna, , Indonesia
Purwanti Widhy Hastuti, , Indonesia
Asri Widowati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan literasi sains peserta didik di SMP Negeri 12 Yogyakarta pada pembelajaran sains bermuatan Nature of Science (NOS) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inquiry Training. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian bentuk Matched Group Design dengan dua macam perlakuan terhadap dua kelas, yang menggunakan model pembelajaran PBL bermuatan NOS sebagai kelas eksperimen 1 dan Inquiry Training bermuatan NOS sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pembelajaran berupa RPP dengan model PBL dan Inquiry Training yang masing-masing bermuatan NOS serta LKPD pembelajaran bermuatan NOS untuk menunjang Literasi Sains. Instrumen pengumpulan data meliputi tes untuk literasi sains pada aspek kompetensi dan lembar observasi keterlaksanaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenis dan uji hipotesis berupa Independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan literasi sains peserta didik di SMP Negeri 12 Yogyakarta pada Pembelajaran Sains Bermuatan NOS menggunakan model Problem Based Learning dan Inquiry Training. Berdasarkan analisis nilai sig.(2-tailed) pada tes literasi sains sebesar 0,000
< ½ α atau 0,000 lebih kecil dari 0,025 maka H0 ditolak, sehingga hipotesis yang menyatakan ada perbedaan literasi sains pada model pembelajaran PBL dan Inquiry Training diterima.
Kata kunci: Model Problem Based Learning,Inquiry Training, Nature Of Science (NOS), Literasi sains.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.