PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN FUN SCIENCE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN PERUBAHAN KIMIA DI SMP NEGERI 2 MLATI
Eko Widodo, , Indonesia
Ekosari Roektiningroem, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik
dengan fun science terhadap motivasi belajar peserta didik SMP, pengaruh pembelajaran IPA menggunakan
pendekatan saintifik dengan fun science terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik SMP, dan pengaruh
pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science terhadap motivasi belajar dan pemahaman
konsep IPA peserta didik SMP. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VII dengan materi pembelajaran
“Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain
Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mlati. Sampel dalam
penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh Kelas VII A sebagai kelas
kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu
melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science (blobs in a bottle, ice cream, rapid
color-changing chemistry, dan merapi vulcano), sedangkan pada kelas kontrol pelaksanaan pembelajaran berbasis
EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi). Data motivasi belajar peserta didik diperoleh dengan menggunakan
lembar observasi motivasi belajar peserta didik. Data pemahaman konsep IPA peserta didik diperoleh dengan
memberikan tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji
manova setelah memenuhi uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science memiliki pengaruh secara
signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik. Pengaruh pendekatan saintifik dengan
fun science terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 20,1% dengan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen
mencapai kategori cukup. Pendekatan saintifik dengan fun science juga memiliki pengaruh terhadap pemahaman
konsep IPA peserta didik sebesar 24,2% dengan rata-rata peningkatan yang mencapai kategori sedang.
Kata kunci: pendekatan saintifik, fun science, blobs in a bottle, ice cream, rapid color-changing chemistry, merapi
vulcano, motivasi belajar, pemahaman konsep IPA
dengan fun science terhadap motivasi belajar peserta didik SMP, pengaruh pembelajaran IPA menggunakan
pendekatan saintifik dengan fun science terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik SMP, dan pengaruh
pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science terhadap motivasi belajar dan pemahaman
konsep IPA peserta didik SMP. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VII dengan materi pembelajaran
“Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain
Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mlati. Sampel dalam
penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh Kelas VII A sebagai kelas
kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yaitu
melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science (blobs in a bottle, ice cream, rapid
color-changing chemistry, dan merapi vulcano), sedangkan pada kelas kontrol pelaksanaan pembelajaran berbasis
EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi). Data motivasi belajar peserta didik diperoleh dengan menggunakan
lembar observasi motivasi belajar peserta didik. Data pemahaman konsep IPA peserta didik diperoleh dengan
memberikan tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji
manova setelah memenuhi uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan fun science memiliki pengaruh secara
signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik. Pengaruh pendekatan saintifik dengan
fun science terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 20,1% dengan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen
mencapai kategori cukup. Pendekatan saintifik dengan fun science juga memiliki pengaruh terhadap pemahaman
konsep IPA peserta didik sebesar 24,2% dengan rata-rata peningkatan yang mencapai kategori sedang.
Kata kunci: pendekatan saintifik, fun science, blobs in a bottle, ice cream, rapid color-changing chemistry, merapi
vulcano, motivasi belajar, pemahaman konsep IPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164
Ethnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |