UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIID SMP N 3 MLATI TAHUN AJARAN 2012/2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN TEMA “AGAR AIRKU BERSIH” MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING

Sa'adah Tri Wijiasri,
Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati,
Ekosari Roektiningroem,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran IPA melaluipendekatan inkuiri terbimbing dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP N 3 Mlati pada pembelajaran IPA dengan tema “Agar airku bersih” melalui pendekatan inkuiri terbimbing (guided inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklusnya melalui tahap-tahap yang disampaikan Kemmis & Mc Taggart sebagai berikut:  perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, refleksi siklus I dan revisi, lalu dilanjutkan dengan siklus II dengan tahap yang sama dengan siklus I. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP N 3 Mlati tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Data yang diperoleh dalam bentuk hasil observasi, dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses Sains siswa. Pembelajaran dilakukan berdasarkan tahapan pendekatan inkuiri terbimbing yang diawali orientasi masalah, merumuskan masalah tentang pencemaran air, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, serta merumuskan kesimpulan. Berdasarkan tahapan tersebut pada siklus I diperoleh nilai rata-rata  keterampilan proses sains siswa sebesar 52,13. Perbaikan langkah pembelajaran pada siklus I yaitu menyampaikan tujuan dan langkah pendekatan inkuiri terbimbing pada awal pembelajaran, dan menyusun LKS yang lebih komunikatif bagi siswa.Pada siklus II nilai rerata keterampilan proses sains siswa meningkat menjadi 86,47. Peningkatan keterampilan proses Sains siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 34,34.

 

Kata kunci: pendekatan Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, pembelajaran IPA, tema Agar airku bersih


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.