PERAN MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SULTHONI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dwikita Ardiyanti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perbaikan mutu pendidikan, modal sosial,
peran modal sosial dalam strategi mutu pendidikan serta faktor penghambat dan pendukungnya di TK
Sulthoni.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan, reduksi,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi perbaikan mutu pendidikan di TK sulthoni dilihat
dari tiga cakupan yakni input, proses, dan output. Tiap cakupan memiliki fokus yakni, input berfokus pada
input secara fisik dan non fisik, proses berfokus pada SDM (sumber daya manusia) dan pelayanan, serta
output berfokus pada prestasai dan lulusan. Strategi yang terkandung didalamnya bersifat top-down, bottomup
¸dan komperhensif; (2) Modal sosial yang ditemukan di TK Sulthoni meliputi kepercayaan, norma,
kerjasama, jaringan, partisipasi, dan komitmen; (3) Peran modal sosial yang terdiri dari kepercayaan, norma,
kerjasama, jaringan, partisipasi, dan komitmen mendukung dalam penerapan strategi perbaikan mutu
pendidikan di TK Sulthoni; (4) Faktor penghambat peran modal sosial dalam strategi perbaikan mutu
pendidikan di TK Sulthoni yaitu: manajemen waktu yang kurang maksimal, tenaga administrasi, dan
pemahaman masyarakat yang masih kurang tentang pendidikan anak usia dini. Sedangkan faktor
pendukungnya adalah komitmen yang tinggi, komunikasi yang baik, profesionalitas kerja, dan adanya
program unggulan TK Sulthoni.
Kata kunci: Modal Sosial, Strategi Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i4.9286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics