IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Ayu Alfiyati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendeksripsikan Implementasi Program Pendidikan Anti Korupsi (PAK), (2)Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Program PAK, (3)Mendeskripsikan Hasil dari Program PAK. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi PAK: (a)Dimulai tahun 2014 dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah nomor 188/210 dengan kebijakan diatasnya Instruksi Presiden nomor 5/2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi, (b)Sumber dana dari pemerintah, (c)Kegiatan penunjang: sosialisasi, pembuatan dokumen SOP, perlombaan kreatif, pengembangan media informasi, kantin kejujuran, (2)Faktor Pendukung: (a)Dukungan sarana prasarana (b)Partisipasi warga sekolah, (c)Adanya dana bantuan sosial. Faktor penghambat: (a) Kurangnya fasilitas buku tentang pendidikan anti korupsi (3)Hasil dari Program PAK ialah perkembangan perilaku siswa seperti kejujuran, kepedulian, kemandirian, kedisiplinan, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, keberanian, dan keadilan.

Kata kunci : Program Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan Anti Korupsi di SMA, Anti Korupsi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i3.9254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics