STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 YOGYAKARTA DAN SMA N 8 YOGYAKARTA

Agus Astono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Yogyakarta, (2) implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan (3) studi komparasi implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan   data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan   dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Yogyakarta berjalan dengan semestinya dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sesuai tujuan kurikulum 2013. Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta mampu memberikan dampak positif bagi siswa, (2) implementasi kurikulum di SMA N 8 Yogyakarta sudah berjalan, namun belum sempurna. Masih terdapat hambatan pada pembelajaran yang bersifat saintifik. (3) Komparasi implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta dilihat dari aspek komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi secara umum berjalan sama. Namun, kedua sekolah mempunyai karakteristik tersendiri dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Di SMA N 1 Yogyakarta kepala sekolah menginginkan adanya forum tingkat internal sekolah yang ditujukan untuk mengetahui perkembangan implementasi kurikulum 2013. Sedangkan di SMA N 8, kepala sekolah memberi motivasi kepada guru untuk berusaha secara optimal dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

Kata kunci: Komparasi, Implementasi, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i4.5242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics