ANALISIS KEBIJAKAN KEBUTUHAN GURU DAN ALTERNATIF KEBIJAKANNYA PADA JENJANG SMA NEGERI SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dita Nurlaeli Izhati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan analisis kebijakan kebutuhan guru jenjang SMA Negeri se-Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) Mendeskripsikan alternatif kebijakan guru jenjang SMA Negeri se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial  terutama strategi eksplanatoris sekuensial. Analisis data pada penelitian ini untuk data kuantitatif menggunakan perhitungan sederhana dengan rumus menurut Peraturan Bersama 5 Menteri tahun 2011, untuk data kualitatif menggunakan model interaktif milik Miles dan Huberman. Hasil Alternatif kebijakan pada penelitian ini adalah; 1) Membuat data untuk proyeksi guru yang akan pensiun, 2) Pihak sekolah mengajukan permintaan formasi guru ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan catatan urgent supaya segera ditindaklanjuti (khusus guru meninggal dunia), 3) Pihak sekolah melakukan rekrut guru tenaga bantu, 4) Proses pengajuan formasi kebutuhan guru ke BKD dilakukan setiap semester pembelajaran. 5) Penataan kembali untuk sekolah yang memiliki kelebihan dan kekurangan jumlah guru. 6) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta membuat daftar mutasi guru dan ditawarkan ke guru. 7) Aplikasi SIYAP (Sistem Informasi Layanan Kepegawaian) ditambahkan fitur untuk publikasi data, 8) Guru berstatus PNS yang termasuk dalam hitungan kelebihan jumlah guru dapat dimutasikan ke Provinsi lain yang membutuhkan kekurangan jumlah guru, 9) Guru berstatus non PNS yang termasuk dalam hitungan kelebihan jumlah guru dapat di rumahkan.

Full Text:

PDF

References


Arwildayanto, Suking, A., Sumar, W.T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Cendekia Press.

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada.

Patton & Sawicki, D. (1986). Basic Method of Policy Analysis and Planing. Prenice Hall; Michigan University

Quade, E.S. (1975). Analysis For Public Decisions. New York: American Elsevier publishing co.

Dewi, Z.R. (2019). Penataan Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri di Provinsi Jawa Timur. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Dunn & William. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik, edisi kedua, Gadjah Mada University press. Yogyakarta.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. (2020). PERGUB No 68 Tahun 2018 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga. Yogyakarta.

Hajaroh, M., Rukiyati, Purwastuti, L.A., et al. (2017). Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kawasan Pesisir Wisata. ANDI: Yogyakarta.

Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif: Teori Dan Kondisi Objektif Pendidikan Di Indonesia, Raja Grafindo Persadav: Jakarta.

Humas Daerah Istimewa Yogyakarta, 2010. Profil Daerah. Yogyakarta. Publisher: https://jogjaprov.go.id

Isma, F., Murniati, A.R., Niswanto. (2017). Analisis Kebijakan perencanaan Kebutuhan Guru SMA di Kabupaten Aceh Tengah. Administrasi Pendidikan, 5, 4.

Creswell, John, W. (2002). Desain Penelitian. Jakarta: KIK Pres

Jumadi, Prasetyo, Z.K., Wilujeng, I. (2013). Pemerataan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan sosial Guru Fisika SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Penelitian Pengembangan Keahlian Guru Besar, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kemenag. (2011). Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan. Dan Menteri Agama Nomor 05/X/PB/2011 SPB/03.M.PAN-RB/10/2011 48 TAHUN 2011 158/PMK.01/2011 11 TAHUN 2011 Tentang Penataan Dan Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil.

Kinali, B.I. (2015). 5 Kewenangan Bidang Pendidikan II Menjadi Urusan Daerah. Retrieved

publisher: https://bangimam-berbagi.blogspot.com/2015/12/6-kewenangan-bidang-pendidikan-ini.html

Mada Saputra, (2005). Analisis Kebijakan Pendidikan (suatu pengantar). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Margono, S. (2004), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Nanang, F. 2013. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R. & Wijoto, D. (2004). Kebijakan Public. Jakarta: Mediatama.

Simatupang, P. (2003). Analisis Kebijakan: konsep dasar dan prosedur pelaksanaan. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Subarsono, (2015). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunandar, A. (2006). Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru. Manajemen Pendidikan, 1-13.

Suyanto, (2018). Analisis Pendidikan Dasar di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNY.

Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D.E., Gunawan, I. (2017). Proyeksi Ketersediaan, Kebutuhan dan Distribusi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Batu. Administrasi Pendidikan, 799.

Winarno, B. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik, Yogyakarta: Media Presindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i2.19086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics