PENDAMPINGAN GURU SMA DAN SMK DALAM KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nibras Putri Mumpuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendampingan guru SMA dan SMK dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan sudut pandang teori implementasi kebijakan Edward III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) DIY. Subjek dari penelitian ini merupakan pelaksana Program Kebijakan dan Guru peserta pendampingan Menyimpulkan program pendampingan guru dalam kebijakan pendidikan jarak jauh telah diimplementasikan dengan didahului oleh persiapan implementasi, yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur dalam Pendampingan Guru pada Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh di DIY dilaksanakan dengan sesuai dengan tujuan meskipun memerlukan beberapa perbaikan.

Kata kunci: Pendampingan Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Implementasi kebijakan


Full Text:

PDF

References


A. G Subarsono, 2005. Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta :PustakaPelajar.

Akib, H. (2010). Implementasi kebijakan: apa, mengapa, dan bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1-11.

Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Online Submission, 7(2), 90-109.

Arifa, F.N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, XII, No. 7/I/Puslit/April/2020.

Aslan, A., & Zhu, C. (2018). Starting teachers’ integration of ICT into their teaching practices in the lower secondary schools in Turkey. Educational Sciences: Theory & Practice, 18(1).

H. M. Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayah, S. N. (2019). Hybrid Model-Based Learning Learning In Welcome Era Industrial Revolution 4.0. The Innovation Of Social Studies Journal, 1(1), 46-54. (2009).

Hwang, A. (2018). Online And Hybrid Learning. Journal Of Management Education, 42(4), 557-563.

Karabulut-Ilgu, A., & Jahren, C. (2016). Evaluation Of Hybrid Learning In A Construction Engineering Context: A Mixed-Method Approach. Advances In Engineering Education, 5(3), N3

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Maret 24). Mendikbud terbitkan SE tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Retrieved from www.kemdikbud.go.id/

Lisetskyi, K. A. (2015). Blended Learning Model In The System Of Higher Education. Advanced Education, (4), 32-35.

Norberg, A. (2017). From Blended Learning To Learning Onlife: Icts, Time And Access In Higher Education (Doctoral Dissertation, Umeå University).

Ping, T. (2021). Model Pembiayaan Pendidikan Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education and Humanity, 1(2), 107-119.

Solichin, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidika dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 6(2), 148-178.

Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid Learning On Problem-Solving Abiities In Physics Learning: A Literature Review. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1796, No. 1, P. 012021). IOP Publishing.

Syakdiah, S. (2015). Pendanaan Pendidikan Di Indonesia. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 9(2), 109-121.

Tahir, A. (2014). Kebijakan publik dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Penerbit Alfabeta.

Utari, W., Hikmawati, V. Y., & Gaffar, A. A. (2020, November). Blended Learning: Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, Pp. 262-269).

Wagner, P. Brian. (2008). The Principal’s Perceptin of Character Education Implementation in California Middle Schools Based on The Eleven Principles of Character Education. USA: Proquest LLC.

World Bank. (2020). The COVID-19 pandemic: Shocks to education and policy responses. Diakses pada 20 September 2021 pukul 21.13

Zaed, I., & Tinterri, B. (2020). How Is COVID-19 Going To Affect Education In Neurosurgery? A Step Toward A New Era Of Educational Training. World Neurosurgery, 140, 481




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i2.18964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics