BUDAYA BELAJAR SISWA DI SMP PEMBANGUNAN PONJONG: STUDI KASUS DI KAWASAN INDUSTRI BATU

Ribkah Putri Mulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar siswa di SMP Pembangunan Ponjong, serta dampak positif dan negatif industri batu terhadap budaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Pembangunan Ponjong memiliki tipe kultur sekolah berkesejahteraan, dimana budaya belajar yang dianalisis dari empat aspek sekolah menunjukkan kultur sosial, budaya mutu, serta artifak yang baik. Disamping itu budaya akademik menunjukkan hasil motivasi dan semangat berprestasi yang masih rendah. Dampak positif industri batu yakni meningkatnya ekonomi masyarakat yang mendorong kemampuan orang tua siswa dalam memenuhi kebutuhan siswa selama bersekolah di SMP pembangunan Ponjong. Dampak negatif berupa polusi suara atau kebisingan yang masuk ke sekolah, dan mendorong perlunya upaya adaptasi yang dilakukan sekolah untuk menjaga kenyamanan belajar di sekolah.

Kata kunci: budaya belajar, kultur sekolah, kawasan industri batu


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2016). Potensi Pertambangan Bahan Galian. Diakses dari www.gunungkiduklkab.go.id

Dalimunthe, K.T & Sari, Mona V.R. (2020). Hubungan Kebisingan dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah Mas Al Washliyah 22 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Education and Development, 8(21), 380-383.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Umum. (2002). Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Umum.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Nomor 1429/MENKES/SK/XII/2006.

Nursya'bani, Purnama. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta: PT. Ekonisia

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (4ͬ ͩ ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Zafi, A. A. (2018). Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan dalam Pembentukan Karakter). Al Ghazali, 1(1), 1-16.

Zamroni. (2016). Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v12i1.18313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics