IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERATAAN PENDIDIKAN BAGI ANAK MISKIN DI RA AL-AMIN, SUKOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN

Hasna Yuridha Fatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pemerataan pendidikan bagi anak miskin di RA Al-Amin, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan orang tua. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang datanya dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana serta keabsahan datanya diuji dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian: (1) implementasi kebijakan: (a) latar belakang: tingginya biaya pendidikan TK/RA di Desa Sukoharjo dan ketidakmampuan orang tua membiayai sekolah anaknya; (b) tujuan: memperluas kesempatan anak miskin agar memperoleh pendidikan dan meringankan beban orang tua; (c) 9 program rutin pendukung; dan (d) implementasi kebijakan didukung oleh komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. (2) faktor pendukung: komitmen sekolah, guru berkompeten, kemudahan pembelajaran, kemandirian pengelolaan keuangan, dan tabungan sekolah serta faktor penghambat: stigma masyarakat, minimnya dana BOP, dan ketidaktertiban orang tua membayar SPP.


Full Text:

PDF

References


Arwildayanto., Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: CV Cendekia Press.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Sebelum Sekolah Dasar: Kajian Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, dan Pendidikan Masyarakat. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud.

Badan Pusat Statistik. Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Provinsi dan Daerah. Diunduh pada tanggal 5 Februari 2022, dari https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/192/sdgs_10/1

Badan Pusat Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta. (2022). Profil Kemiskinan D.I. Yogyakarta September 2021. Diunduh pada tanggal 5 Februari 2022, dari https://yogyakarta.bps.go.id/pressrelease/2022/01/17/1237/profil-kemiskinan-d-i--yogyakarta-september-2021.html

Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. (2019). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Hasbullah, M. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2007). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor PER/04/M.PAN/4/2007 Tahun 2007 tentang Pedoman Umum Formulasi, Implementasi, Evaluasi Kinerja dan Revisi Kebijakan Publik di Lingkungan Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah.

Kresnawati, K., & Imelda, J. D. (2020). Perlindungan Sosial bagi Anak Usia Dini pada Keluarga yang Rentan Sosial Ekonomi. Sosio Informa, 6(3), 223-238.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

OECD. (2012). Equity and Quality in Education: Supporting Disadvantaged Students and Schools. OECD.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). APK PAUD: Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018/2019. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Data dan Teknologi Informasi. (2020). APK PAUD: Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini 2019/2020. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Data dan Teknologi Informasi. (2021). APK/APM PAUD, SD, SMP, dan SM Tahun 2020/2021 (Termasuk Madrasah dan Sederajat). Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohman, A. (2012). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rosdiana., & Irwan, M. (2020). Kapita Selekta Pendidikan Nonformal. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Sari, M., Musdalifah, S., & Asfar, E. A. (2021). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di MTSN 1 Watampone. Jurnal Mappesona, 4(1).

Setiawan, J., & Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Sidik, F. (2019). Kemiskinan dan Pembangunan Sektor Pendidikan di Kabupaten Ngawi: Merumuskan Isu Strategis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(2).

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. W., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2016). Faktor Penyebab Orang Tua Tidak Menyekolahkan Anaknya di PAUD Fajar. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(5).

Suwitri, S. (2008). Konsep Dasar Kebijakan Publik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Tachjan, H. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung.

Tahir, A. (2018). Kebijakan Publik dan Good Governancy.

Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan The Implementation of Educational Policies.

Zulkaenaen., & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics