Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di RA SBB Al Fikri Manca Bantul

Nur Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat kebijakan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di RA SBB Al Fikri Manca Bantul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dipengaruhi enam aspek yaitu standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana, disposisi atau tanggapan para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan kegiatan-kegiatan pelaksanaan, serta lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Faktor pendukung meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, program penunjang pendidikan karakter, dan pemberian reward. Faktor penghambat meliputi beberapa sarana dan prasarana rusak, kurangnya sumber dana, sedikitnya guru, anak sulit dikondisikan, dan beberapa orang tua kurang paham dengan keberlanjutan pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah.

 

Kata kunci: Implementasi, faktor pendukung, faktor penghambat, pendidikan karakter berbasis budaya sekolah

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dwiningrum, S. I. A. (2014). Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik). Yogyakarta: UNY Press.

Irianto, Y. B. (2011). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan, Konsep, Teori dan Model. Jakarta: Rajawali Pers

Kasmad, R. (2013). Studi Implementasi Kebijakan Publik. Makassar: Kedai Aksara

Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (3rd ed.). Arizona: United States of America.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Umaroh, S. (2018). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Budaya Sekolah Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athal Nurul Huda Suban Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Raden Intan Lampung.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Van Meter, Donald S. & van Horn, Carl E. (1975). The Policy Implementation Process. A Conceptual Framework: Administration & Society Journal.

Winarno, B. (2007). Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: UNY Press.

_______, B. (2012). Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics