Implementasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh TK Negeri se-Kabupaten Bantul

Hanifah Azza Ilfana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh jenjang TK Negeri se-Kabupaten Bantul dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh TK Negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Populasi penelitian ini terdiri dari 43 orang. Analisis data menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh belum terlaksana secara optimal berdasarkan teori Edward-III yaitu aspek komunikasi, sumber daya, sikap/ disposisi, dan struktur birokrasi. Faktor pendukung dari kebijakan pembelajaran jarak jauh yaitu dukungan dari orang tua peserta didik, latar belakang tenaga pendidik yang sesuai dengan profesi, Disdikpora Bantul bidang PAUD dan PNF yang aktif berkomunikasi, dan dana untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang di upayakan pihak sekolah. Faktor penghambatnya yaitu pemahaman yang dimiliki orang tua berbeda-beda, fasilitas yang kurang mendukung, paket kuota serta sinyal orang tua, dan siswa kurang aktif dalam perkembangannya.


References


Hadisi, L., & Muna, W. 2015. Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Levy. 2020. Six faktor to consider when planning onlime distance learning programs in higher education. dalam online jurnal of distance learning administration. Jurnal Internasional, VI (1).

Nawawi, Ismail. 2009. Public Policy, Analisis Strategi, advokasi Teori dan Praktek. Surabaya : Putra Media Nusantara.

Pemerintah Kabupaten Bantul. 2020. Surat Edaran Nomor 443/05515 tentang Kebijakan Kegiatan Pembelajaran pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bantul.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo, Joko.2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics