KESIAPAN IMPLEMENTASI PTM PENUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI GAMBIRAN KOTA YOGYAKARTA

Chaidar Ma'ruf Haryaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan implementasi PTM penuh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Gambiran Yogyakarta dengan menggunakan model implementasi Edward III, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi telah dilakukan secara intens, jelas, dan konsisten; sumber-sumber meliputi SDM dan sarpras telah mendukung proses implementasi; sikap/kecenderungan telah menunjukkan sikap kejujuran, komitmen, dan demokratis; struktur birokrasi terlihat dari alur koordinasi yang tidak panjang serta SOP yang dibuat dengan cukup jelas dan tidak berbelit; faktor pendukung yang ditemukan adalah adanya SDM yang memadai, sarana-prasarana yang memadai, adanya dukungan resiprositas dari pihak-pihak terkait, dan jumlah siswa yang sedikit; dan faktor penghambat yang ditemukan adalah masih terdapat siswa yang perlu beradaptasi kebiasaan, masih terdapat siswa yang kesulitan akademik, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, dan dinamika penyebaran virus.


Full Text:

PDF

References


Abdoellah, Awan., & Yudi Rusfiana. (2016). Teori dan Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Adit, A. (17 Juni 2021). Hadapi Pandemi, Begini Cara Disdik Jaga Mutu Pendidikan di Kota Yogya. Kompas. Diakses tanggal 8 Juli 2021 dari https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/17/134407671/hadapi-pandemi-begini-cara-disdik-jaga-mutu-pendidikan-di-kota-yogya?page=all

Arwildayanto. Arifin Suking., & Warni Tune Sumar. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan; Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: Cendekia Press.

CIPS. (2020). Kesuksesan Pembelajaran Jarak Jauh Perlu Dukungan Kompetensi Guru dan Akses TIK. Diakses tanggal 11 November 2020 dari https://www.cips-indonesia.org/post/siaran-pers-kesuksesan-pembelajaran-jarak-jauh-perlu-dukungan-kompetensi-guru-dan-akses-tik

Kemendikbud. (2021). Buku Panduan Aman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Diakses 10 Januari 2022 dari http://repositori.kemdikbud.go.id/23386/1/E%20BOOK%20PEMBELAJARAN%20TATAP%20MUKA%20TERBATAS.pdf

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Diakses 11 November 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Kemendikbud. (2020). Kemdikbud Luncurkan Program Guru Belajar Serial Masa Pandemi. Diakses 11 November 2020 dari https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20201002170649/Kemdikbud-Luncurkan-Program-Guru-Belajar-Serial-Masa-Pandemi

Kemendikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kemendikbud. (2020). SE nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Kemendikbud. (2020). Serba-Serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Wilayah PPKM Level 3. Diakses 8 Juli 2021 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/serbaserbi-pembelajaran-tatap-muka-terbatas-di-wilayah-ppkm-level-3

Pemda DIY. (2020). SE Gubernur DIY nomor 443/5425, tanggal 26 Maret 2020, tentang Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan Pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemda DIY. (2021). SE Gubernur DIY nomor 420/19096, tanggal 15 September 2021, tentang Kebijakan Pendidikan pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Lingkungan Pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemkot Jogja. (2021). Intruksi Walikota Yogyakarta nomor 24, Tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Kota Yogyakarta.

Pemkot Jogja. (2020). SE Walikota Yogyakarta nomor 443/1250/SE/2020, tanggal 31 Maret 2020, tentang Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pada Satuan Pendidikan di Kota Yogyakarta.

Purwanto, et al. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Diakses 11 November 2020 dari https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

SKB 4 Menteri. (2020). SKB Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Nomor 04/KB/2020, Nomor 737 Tahun 2020, Nomor HK.01.08/Menkes/7093/2020, Nomor 420-3987 Tahun 2020, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

SKB Menteri. (2021). SKB Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 05/KB/2021, nomor 1347 tahun 2021, nomor HK.01.08/ MENKES/6678/2021, nomor 443-5847 tahun 2021, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58. Diakses tanggal 11 November 2020 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/19472




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i3.18026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics