IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (MPK) JOGONALAN

Siti Nur Handayani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan dilaksanakan dengan (1) Komunikasi yang tersampaikan melalui visi dan misi sekolah yang diwujudkan dalam program-program yang ada  sekolah dan pembaharuan ide pada proses belajar mengajar yang berlangsung kondusif serta rapat yang diadakan untuk pengambilan keputusan (2) Sumberdaya  yang berkualitas, sarana prasarana yang cukup memadai, dukungan yang diberikan kepala sekolah dan warga sekolah bagi siswa yang berprestasi, sumber dana yang berasal dari SPP dan BOS serta adanya inovasi dalam pemberian pembelajaran (3) Disposisi yang terlihat dari kerjasama yang terjalin, memiliki semangat gotong royong, komitmen yang baik dari implementor, tanggung jawab akan fasilitas sekolah, serta bentuk kepedulian yang tinggi dari pemimpin pada saat pelaksanaan kebijakan (4) Struktur Birokrasi yang berjalan sesuai dengan struktur yang ada dan setiap bidang memiliki hubungan koordinasi dan intruksi sesuai dengan Tupoksi bidang masing masing, namun belum ada tim khusus dalam peningkatan mutu pendidikan serta belum ada standar baku untuk pengadaan infrastruktur sekolah.

Kata kunci: Implementasi, Mutu Pendidikan, SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan

 

Abstract

            This study aims to describe the Implementation of Education Quality Improvement Policy at  Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan Elementary School.

            This research is a qualitative descriptive research. This research was conducted at SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan. The subjects of this study were the principal, teachers and students. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews and documentation study. The data analysis technique used the theory of Miles, Huberman and Saldana. The data validity of the researchers used the triangulation method of sources and techniques.

            The results showed that the implementation of the Education Quality Improvement Policy at SD Muhammadiyah Jogonalan Special Program (MPK) was carried out by (1) Communication conveyed through the vision and mission of the school which is manifested in existing programs in schools and renewing ideas in the ongoing teaching and learning process. conducive and meetings held for decision making (2) Quality resources, adequate infrastructure, support provided by school principals and school members for high-achieving students, sources of funds from SPP and BOS and innovation in the provision of learning (3) ) The disposition that can be seen from the existing cooperation, has a spirit of mutual cooperation, good commitment from the implementor, responsibility for school facilities, and a form of high concern from the leader during policy implementation (4) Bureaucratic structure that runs in accordance with existing structures and every field has the relationship between coordination and instructions is in accordance with the main duties and functions of each field, but there is no special team in improving the quality of education and there is no standard standard for the procurement of school infrastructure.

Keywords : Implementation, Quality Education, Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan Elementary School.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v9i3.17207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics