Implementasi Nilai-nilai Demokrasi pada Sekolah Inklusi di SMP Tumbuh Yogyakarta

Fiky Setyowati

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  nilai-nilai  demokrasi  di SMP  Tumbuh.  Implementasi  dilihat  dari  kultur  dan  proses.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  deskriptif  kualitatif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  lingkungan  dan  warga  sekolah yaitu  kepala sekolah,  guru kelas,  guru  pendamping,  siswa  normal,  siswa  berkebutuhan  khusus dan  staff  atau  karyawan.  Teknik  pengumpulan  data  yaitu  observasi  dan  wawancara.  Data dianalisis  dengan  cara  pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan kesimpulan.  Keabsahan  data  menggunakan  teknik  triangulasi  sumber.  Hasil  penelitan menunjukkan  implementasi  nilai-nilai  demokrasi  di  SMP  Tumbuh  pada  kultur  nampak  oleh adanya kebersamaan, toleransi, kesetaraan, kebebasan dan musyawarah mufakat. Kebersamaan ditunjukkan  oleh  kebiasaan  mereka  pada  jam  istirahat,  fasilitas  air  minum  bersama  dan kebijakan student assembly. Toleransi ditunjukkan oleh adanya toleransi antar umat beragama. Kesetaraan ditunjukkan oleh ruang guru yang menjadi satu dengan kepala sekolah dan fasilitas air  minum  bersama.  Kebebasan  ditunjukkan  oleh  adanya  kebebasan  berseragam  dan  adanya kebebasan mengemukakan ide, pendapat, saran atau kritik kepada kepala sekolah. Pada proses belajar mengajar ditunjukkan oleh adanya kesempatan dan perlakuan yang sama kepada semua siswa  dan  adanya  pendidikan  yang  berkeadilan.  Faktor  yang  mendorong  implementasi  nilai demokrasi  pada  kultur  yaitu  penerimaan  individual,  jumlah  warga  sekolah,  status  sekolah  dan keterbukaan  dari  kepala  sekolah.  Pada  proses  yaitu  apresiasi  terhadap  kemampuan  siswa. Sedangkan  faktor  penghambat  pada  kultur  yaitu  karakter  individu  dan  rasa  takut,  dan  pada proses yaitu pemahaman guru terhadap kemampuan siswa. 

Kata kunci: implementasi, nilai demokrasi, inklusi 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics