IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

dina intan lusita purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pengarusutamaan  gender di Dinas Pendidikan,  Pemuda,  dan  Olahraga,  dan  faktor  pendukung  dan  penghambatnya.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kualitatif  deskriptif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  implementasi  kebijakan  pengarusutamaan gender  di  dinas  pendidikan,  pemuda,  dan  olahraga    masih  terdapat  pemahaman  yang  bias  mengenai  gender dan pengarusutamaanya di kalangan para pegawai Dinas, belum seluruh sub bagian dan seksi yang ada di DIKPORA  mengintegrasikan  pengarusutamaan  gender  ke  dalam  setiap  program  dan  kegiatan  yang dilaksanakan oleh DIKPORA. Tim vocal point yang ada belum mempunyai komitmen bersama dan fokus program kegiatan yang yang jelas. Faktor pendukung terlaksananya PUG di DIKPORA adalah kesadaran seluruh  pegawai  bahwa  kesetaraan  gender  perlu  dan  dikedepankan,  motivasi  kerja  di  kantor,  hubungan antar  pegawai  yang  solid  dalam  melaksankan  tugas  di  kantor,  sikap  kekeluargaan  di  kantor  ditunjukkan dengan keakraban antar pegawai laki-laki dan perempuan. Faktor penghambat yaitu kapasitas SDM atau faktor  personil  yang  belum  sepenuhnya  memahami  pengarusutamaan  gender,  dan  cara  untuk menganalisis setiap bagian kegiatan yang ada sehingga perlu diadakan pelatihan dan workshop mengenai analisis  program  yang  berwawasan  gender,  kurangnya  data  yang  memperlihatkan  disparitas  dan kesenjangan  gender  di  lingkungan  DIKPORA  dikarenakan  kurangnya  wawasan  PUG  di  kalangan pegawai.  Faktor  rumusan  dari  para  stakeholder  yang  kurang  berpartisipasi  dalam  pelaksanaan  PUG, faktor sistem juga ikut andil serta dalam implementasi kebijakan karena anggaran setiap sub bagian lebih diutamakan untuk pelaksanaan program dan kegiatan terkait tugas pokok seksi. 

Kata kunci : implementasi kebijakan, pengarusutamaan gender, program pendidikan  Abstract


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics