IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK LEONARDO KLATEN

Rini Sundari

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  kebijakan  pendidikan  karakter  di  SMK Leonardo Klaten yang meliputi proses perumusan kebijakan dan pelaksanaan berbagai program pendidikan karakter yang ada di SMK Leonardo Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian  ialah  kepala  sekolah,  empat  orang  wakil  kepala  sekolah,  dua  guru,  serta  sebelah  siswa.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  pencermatan  dokumen.  Analisis  data menggunakan  model  Interaktif  Miles  dan  Huberman  yang  meliputi  reduksi  data,  penyajian  data,  serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Proses perumusan kebijakan pendidikan karakter di SMK  Leonardo  Klaten  melalui  proses  akumulasi,  artikulasi,  dan  berakhir  dengan  akomodasi  dari  pihak Yayasan  Pangudi  Luhur  hingga  muncul  buku  Kepangudiluhuran  pada  tahun  2003  sebagai  wujud  panduan pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter di tingkat persekolahan. Kebijakan ini disikapi aktif oleh sekolah dalam  hal  penentuan  program  pendidikan  karakter.  Perumusan  kebijakan  melibatkan  dan  menekankan kepentingan  semua  pihak  terkait.  Progam  pendidikan  karakter:  pendidikan  kedisiplinan,  pendidikan religiositas,  rekoleksi,  dan  Rabu  Kasih.  2)  Pelaksanaan program  pendidikan  karakter  berjalan  dengan  baik dan berhasil karena tujuan menciptakan lulusan yang unggul secara akademik, terampil dan juga berkarakter dapat  tercapai. 3)  Faktor pendukung meliputi: tingginya  komitmen warga sekolah, suasana sekolah, sarana dan prasarana, peran aktif Yayasan Pangudi Luhur Semarang, dukungan orangtua dan komite sekolah, dunia industri dan dunia usaha. Faktor penghambat meliput: rendahnya komitmen guru baru, proses adaptasi siswa dan kurang pemahaman siswa, kurangnya pemahaman orangtua.

Kata Kunci: implementasi kebijakan, pendidikan karakter, SMK Leonardo Klaten


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics