POTENSI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMITRAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Isnaniah Nur Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Potensi sekolah dalam mengembangkan kemitraan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; 2) Aktualisasi dari potensi yang dimiliki sekolah dalam mengembangkan kemitraan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pendidik, Peserta Didik, dan Mitra. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Potensi sekolah terbagi dalam 4 komponen yaitu: a) Individu; b) Struktural; c) Budaya; d) Sarana Prasarana. Potensi kemitraan berupa: potensi komunikasi, potensi sosial, potensi sarana prasarana, dan potensi akademik. 2) Aktualisasi dari potensi sekolah terwujud dalam 6 bentuk kemitraan yaitu: a) Sekolah dan TNI POLRI; b) Sekolah dan komite; c) Sekolah dan masyarakat; d) Sekolah dan lembaga pendidikan; e) Sekolah dan Dunia Usaha dan Dunia Industri; f) Sekolah dan alumni.

Kata kunci: potensi, kemitraan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics