MENTORING PROGRAM IMPLEMENTATION IN FORMING CHARACTER OF STUDENT’S AT SMA N 5 YOGYAKARTA

gurino prasetyo

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  1)  mendeskripsikan  pelaksanaan  program  mentoring  di  SMA  N  5 Yogyakarta; 2) mengetahui hasil program mentoring dalam membentuk karakter siswa SMA N 5 Yogyakarta melalui  pendekatan  nilai-nilai  Islami.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan deskriptif  kualitatif,  teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  berupa  observasi,  wawancara,  dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program mentoring di SMA N 5 Yogyakarta dilaksanakan dengan dua kegiatan yakni kegiatan utama yang secara rutin setiap hari Jumat, dan kegiatan pelengkap untuk peserta mentoring, mentor, dan tim pengelola mentoring; 2) Terdapat tujuh bentuk  karakter  dasar  yang  dihasilkan  setelah  mengikuti  kegiatan  mentoring  di  SMA  N  5  Yogyakarta. Pertama, Bertambah pemahaman Islam yang benar sesuai dengan Al Quran dan Sunnah. Kedua, eratnya persaudaraan  antar  siswa  mentoring.  Ketiga,  siswa  saling  menasehati.  Keempat,  siswa  berprestasi  baik bidang keagamaan, akademik dan non akademik. Kelima, siswa beribadah berjamaah di masjid. Keenam, kemampuan siswa dalam membaca Al Quran bertambah. Ketujuh, interaksi yang baik siswa dengan guru, siswa dengan staf, siswa dengan siswa.

Kata kunci: program mentoring agama Islam, pendidikan karakter, SMA N 5 Yogyakarta


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i2.1429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics