IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BELA NEGARA DI TK GARUDA VI MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA

Hidayatul Fitria

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pedidikan Bela
Negara di TK Garuda VI Sleman Yogyakarta, (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan
penghambat dalam Implementasi. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah pihak Yayasan Persit Kartika Jaya bagian kependidikan, Kepala Sekolah, dan guru. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi Kebijakan
Pendidikan Bela Negara: (a) Pengorganisasian yang terdiri dari penanggung jawab, ketua, sekretaris,
bendahara, dan anggota. (b) Interpretasi: Dari awal kebijakan dibuat, pembuat kebijakan sudah
mengetahui interpretasi yaitu menanamkan cinta tanah air kepada anak sejak dini dan menyiapkan
fasilitas dalam menunjang kegiatan kebijakan bela negara. (c) Aplikasi, terdiri dari empat program
yaitu pendidikan kedisiplinan, pendidikan religiositas, Cinta Tanah Air, dan TNI Cilik. (2) Faktor
pendukung: (a) komitmen warga sekolah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, (b) Situasi di
sekolah yang nyaman dan kondusif, (c) Sarana prasarana yang memadai, (d) pihak kodim 0732 dan
Yayasan Persit Kartika Jaya yang selalu membantu menjalankan program, (e) orangtua dan komite
sekolah yang mendukung keberhasilan program. (3) Faktor Penghambat: (a) Komitmen guru yang
rendah, (b) Kurangnya pemahaman siswa terhadap tata tertib, (c) Kurangnya pemahaman orangtua
yang terlalu memanjakan anak, (d) Tidak diperbolehkan keluar kelas.
Kata kunci: kebijakan pendidikan, pendidikan bela negara

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i7.10301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics