IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN

Fauzi Latifah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan nilai karakter yang dikembangkan di SD
Nahdlatul Ulama, implementasi pendidikan karakter, dan kendala-kendala dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter di SD Nahdlatul Ulama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala
sekolah, guru, dan siswa di SD Nahdlatul Ulama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data
dan teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang dikembangkan di SD Nahdltul Ulama
ada 13 karakter yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Implementasi pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran, peraturan sekolah, dan
pelaksanaan ekstrakurikuler. Ada kendala-kendala dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di
SD Nahdlatul Ulama yaitu permainan digital, lingungan dirumah yang kurang bagus, beberapa guru
kurang menguasai anak, pengaruh tontonan TV, dan kurangnya memahami karakter siswa.
Kunci: Implementasi pendidikan karakter, nilai-nilai karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i7.10292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics