IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PAMUNGKAS MLATI SLEMAN

Ridha Gitarinada

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di SMP
Pamungkas Mlati Sleman. Jenis penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, orangtua siswa, serta alumni. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan pencermatan dokumen. Data dianalisis dengan reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Hasil penelitan (1) Nilai pendidikan karkter yang diterapkan di SMP Pamungkas Mlati
Sleman yaitu nilai religius dan disiplin. (2) Pendidik dalam pendidikan karakter dilakukan oleh kepala
sekolah dan guru. (3) Metode yang dilakukan dalam pendidikan karakter yaitu: penanaman nilai,
keteladanan nilai, dan fasilitasi nilai. (4) Evaluasi dalam pendidikan karakter dilaksanakan melalui
pembinaan. (5) Hambatan dalam pelaksanaan pendidikan karakter meliputi: orangtua siswa yang kurang
berperan serta masih ada sebagian siswa yang melakukan tawuran pelajar antar sekolah dan membolos.
Upaya mengatasi hambatan dengan cara semua guru diberi peran membimbing dan pihak sekolah
mengadakan parenting.
Kata kunci: pendidikan karakter, SMP Pamungkas Mlati Sleman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i5.10104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics