KEEFEKTIFAN MODUL BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KATA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SLB MARSUDI PUTRA 1 BANTUL

Widya Dwi Arumsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan modul bergambar terhadap kemampuan menulis kata pada siswa tunarungu kelas I di SLB Marsudi Putra 1 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research dengan desain penelitian A-B-A’ (Baseline – Perlakuan – Baseline). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan tes kemampuan menulis kata dengan menjawab soal menjodohkan gambar, menuliskan nama gambar, serta melengkapi kalimat sederhana dengan kosakata benda. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Tahap analisis data dengan analisis dalam kondisi dan antarkondisi dalam bentuk tabel dan grafik. Subjek penelitian ini siswa tunarungu kelas I dengan kemampuan menulis kata yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan modul bergambar tentang kata benda efektif terhadap kemampuan menulis kata pada siswa tunarungu kelas I. Pada kondisi baseline 1 perubahan level sebanyak 13,3%, kondisi intervensi sebanyak 26,6%, dan baseline 2 sebanyak 6,6%. Persentase peningkatan kemampuan menulis kata subjek sebanyak 46,6%. Kemampuan siswa setelah diterapkan modul bergambar yaitu siswa mampu menuliskan kata benda yang terdiri dari tiga suku kata dan sudah mampu menyebutkan lebih dari tujuh kosakata benda pada modul bergambar tentang kata benda. Penerapan modul bergambar dilakukan dengan pengenalan gambar benda dan nama benda, siswa menuliskan nama benda, siswa mengerjakan latihan soal, dan evaluasi pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter