PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK

Yusfi Ashar Hanafi

Abstract


Abstrak Kurang memperhatikannya guru dalam memilih metode pembelajaran, dan kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran menyebabkan terganggunya proses prembelajaran, tidak kondusifnya pembelajaran dan proses pembelajaran tidak berjalan dengan semestinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis pendekatan fenomena naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Ngronggot. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Ngronggot masih kurang bervariasi, hanya berfokus pada satu metode pembelajaran Kata kunci guru PJOK, metode pembelajaran Abstract The research study aimed to know the use of learning methods used by a Physical Education of Health and Recreation in Junior High School 2 Ngronggot, Nganjuk Regency. The teacher tended to give less attention in choosing learning methods and tended to use less variative learning methods. They caused the learning process disturbed, made unconducive learning process, and made the learning process not going well. This research study was a qualitative study. The approach used was naturalistic phenomenon. The subject of the study was a Physical Education of Health and Recreation in Junior High School 2 Nganjuk, Ngronggot Regency. The object of the study was the use of learning methods by a Physical Education of Health and Recreation. The data collecting techniques were observation, interview, and documentation. This study used triangulation for data validation. The data analysis techniques used was description analysis techniques, i.e., data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study showed that the use of learning methods by a Phisycal Education of Health and Recreation in Junior High School 2 Ngronggot still lacked variation and only focused on a learning method. Keyword : physical education of health and recreation, learning methods

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.