FAKTOR PENDUKUNG SISWA KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BOLAVOLI DI SMP NEGERI 2 KALIBAWANG TAHUN AJARAN 2016 / 2017

Antonius Norman Kristiawan

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran permainan bolavoli di SMP Negeri 2 Kalibawang Kulonprogo tahun ajaran 2016/2017 mempunyai prestasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Faktor Pendukung Siswa Kelas VIII dalam Mengikuti Pembelajaran Bolavoli di SMP Negeri 2 Kalibawang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Desain yang digunakan adalah survey dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang terdiri atas 4 kelas di SMP Negeri 2 Kalibawang Kulonprogo yang berjumlah 96 siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwaFaktor Pendukung Siswa Kelas VIII dalam Mengikuti Pembelajaran Bolavoli di SMPN 2 Kalibawang tahun ajaran 2016/2017 berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0 % (0 siswa), “kurang” sebesar 0 % (0 siswa), “cukup” sebesar 0 % (0 siswa), “tinggi” sebesar 7,30 % (7 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 92,70 % (89 siswa). Faktor Internal Indikator “ Fisik “ sebesar 54,60 %, dan “ Psikologis “ sebesar 45,40 %. Faktor Eksternal indikator“ Guru “ dengan persentase sebesar 22,75 % , ” Materi Pelajaran “ sebesar 22 %, “ Sarana dan Prasarana “ sebesar 18,62 %, “ Lingkungan “ sebesar 18 %, dan “ Peran Orangtua “ dengan persentase sebesar 18,63 %. Berdasarkan nilai rata – rata yaitu 84,97%, faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli di SMP Negeri 2 Kalibawang tahun ajaran 2016/2017 dalam kategori “ sangat tinggi “. Kata Kunci: faktor pendukung, pembelajaran, bolavoli Abstract This research is encouraged by the good achievement of volleyball learning in SMP Negeri 2 Kalibawang of 2016/2017 academic year. The aim of this research is to discover how much the supporting factor of VIII grade students in following volleyball learning process in SMP Negeri 2 Kalibawang of 2016/2017 academic year is. This research is a descriptive research. The design used in this research is survey with questionnaire as the data collection technique. The subject of this research is all of VIII grade students from 4 classes with the total of 96 students. Quantitative descriptive analysis is used as data analysis technique and is explained in the form of percentage. The result shows that the supporting factor of VIII grade students in following volleyball learning process in SMP Negeri 2 Kalibawang of 2016/2017 academic year in “very low” category is 0% (0 student), in “low” category is 0% (0 student), “moderate” is 0% (0 student), “high” is 7.30% (7 students), and “very high” is 92.70% (89 students). Internal indicator factor “Physical” is 54.60%, and “Psychological” is 45.40%. External indicator factor “Teacher” is 22.75%, “Learning Material” is 22%, “Facilities and Infrastructures” is 18.62%, “Environment” is 18%, “Parent Role” with the percentage of 18.63%. Based on the average score of 84.97%, the supporting factor of VIII grade students in following volleyball learning process in SMP Negeri 2 Kalibawang of 2016/2017 academic year is in “very high” category. Keywords: supporting factors, learning, volleyball

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.